INFO HAJI 2024

Kabar Gembira, Jamaah Masjidil Haram Bisa Kembali Mencium Hajar Aswad

 

MAKLUMATNEWS.com —  Kabar gembira, alhamdulillah pengurus dua masjid suci haramain kembali membuka pembatas keliling Ka’bah, sehingga para jamaah yang sholat di Masjidil Haram, termasuk jamaaah haji sekarang ini dan umroh nanti akan kembali bisa mencium Hajar Aswad, termasuk juga sholat di Hijir Ismail, mengusap dinding rukun yamani dan multazam. Pembatas atau penghalang yang selama ini dipasang mengelilingi untuk melindungi Ka’bah dibuka Selasa malam, 2 Agustus 2022.

Selama kurang lebih 2,5 tahun, sekeliling Ka’bah dipasang pembatas karena pandemi Covid-19.  Selain pembukaan penghalang, garis-garis penanda dengan berbagai warna yang melingkari area mataf, yang juga dibikin selama pandemi juga dicopot. Kini, area Ka’bah sudah dalam situasi normal sebagaimana sebelum pandemi.

Selama waktu pembukaan dan pencopotan penanda di area mataf, lokasi tersebut ditutup untuk thawaf. Sehingga Jamaah yang akan melakukan thawaf harus naik ke lantai 2 dengan diameter yang lebih lebar, tentu saja hal ini membuat jarak dan waktu tempuh thawaf menjadi lebih panjang dan lebih lama.

Kini, area yang biasanya sepi menjadi sangat padat. Sekitar tengah malam, area mataf sudah dapat digunakan. Jamaah menyambut dengan antusias pembukaan penghalang tersebut. (*)

Editor : Aspani Yasland

 

BACA JUGA  Ini Tips Yang Sangat Berguna Bagi Jamaah Haji di Tanah Suci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button