KELUARGA

Doa Mustajab Untuk Keutuhan Rumah Tangga Agar Berkah Sakinah Mawaddah Warohmah 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang – Menjalin rumah tangga yang Sakinah (rukun) Mawaddah (cinta) Warohmah (kasih sayang) menjadi impian pada setiap pasangan suami istri.

Tentu bukanlah hal yang mudah dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Selain cinta dan kasih sayang, juga harus saling pengertian, bertanggung jawab, menurunkan ego masing-masing serta menjalin komunikasi yang baik.

Lalu, di dalam Islam, agar mendapatkan ridho Allah SWT, tentunya suami istri wajib menjalankan ibadah dan memanjatkan doa kepada Allah Maha Penolong agar rumah tangga yang dibangun utuh, harmonis dan bahagia.

Berikut beberapa kumpulan doa yang mustajab untuk keutuhan rumah tangga.

Selepas melaksanakan sholat fardhu, ada baiknya melafalkan doa karena jangan sekalipun meremehkan kekuatan doa.

Karena jika kamu meremehkan doa, maka kamu meremehkan kemampuan Allah. .

Bahkan sampai Nabi Shalallahu alaihi wassalam mengisyaratkan, “Mintalah dan berdoalah pada Allah dalam keadaan kalian harus yakin sama Allah pasti dikabulkan.”

seperti dalam kandungan Al Quran surah Al Furqon ayat 74 “ “Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama”.

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Agar keluarga mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Lafazkan doa (Al Baqarah) ayat 201 : “Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar.”

Artinya: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab api neraka.” (QS. Al Baqarah: 201)

Agar rumah tangga dipermudah bersama keluarga, bacalah Surah Al Kahfi ayat 10 in.

“Robbanaaa aatinaa mil ladunka rohmataw wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa.”

BACA JUGA  Maulid di Masjid Baiturrahman Bukit Baru, Ustadz KH Solihin Hasibuan Kisahkan Dapat Tanah Karena Sering Bershalawat  

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.” (QS. Al-Kahfi: 10)

Dalam pernikahan pastinya menginginkan keturunan dan generasi yang taat agama dan sholeh sholehah.

Maka dianjurkan membaca doa yang terkandung pada QS. Ali Imran ayat 38 : “Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii’ud-du’aaa.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (QS. Ali Imran: 38)

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii.”

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.” (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

“Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku.

Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”

Rezeki tentu menjadi pelengkap dalam ikatan rumah tangga. Agar semakin harmonis, pasangan dapat membaca doa dalam surat Al-Ma’idah 114.

“Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin.”

Artinya: Ya Tuhan kami, turunkan lah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri lah kami, dan Engkau lah pemberi rezeki yang paling utama.”

BACA JUGA  Haul Syeikh Abubakar Bin Salim dan Al Habib Pangeran Syarif Ali BSA, Dihadiri Ribuan Jamaah

Hati suami-istri yang lembut akan membuat pasangan merasa nyaman. Hal ini tentu dibutuhkan agar rumah tangga harmonis.

Berikut doa dalam surat Thaha: 2-5 :

“Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa.”

Artinya : “Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Al-Quran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Al-Quran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi.

Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemayam. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah.”

 

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button