LIFESTYLESEHAT

Yuk Turunkan Gula Darahmu Dengan Menyantap 5 Jenis Makanan ini 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Gula darah tinggi selain sangat berbahaya bagi kesehatan terutama para penderita diabetes juga membuat badan kita tidak merasa nyaman.

Untuk itulah mulai sekarang berusahalah untuk menurunkannya.

Dengan cara apa?

Dengan menyantap 5 jenis makanan ini.

Makanan apa saja?

 

Kerang. (Foto : IST)

1. Makanan laut

Makanan laut termasuk ikan dan kerang ternyata menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga dalam membantu mengatur kadar gula darah.

Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang.

 

Labu. (Foto : IST)

2. Labu

Labu adalah pilihan tepat untuk pengaturan gula darah, faktanya labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti Meksiko dan Iran.

Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

Kimchi. (Foto : IST)

3. Kimchi

Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan, dan memakannya telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin.

 

Biji chia. (Foto : IST)

 

4. Biji chia

Makan biji chia dapat membantu mengontrol gula darah. Penelitian telah mengaitkan konsumsi biji chia dengan penurunan kadar gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin.

Sebuah penelitian pada 15 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa peserta yang menerima 1 ons (25 gram) biji chia tanah bersama dengan 2 ons (50 gram) larutan gula mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 39%, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya.

 

Brokoli. (Foto : IST)

 

5. Brokoli

Salah satu sayuran yang dapat menurunkan gula darah adalah brokoli. Dalam brokoli terdapat sumber glukosinolat yang dapat meningkatkan sesitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

BACA JUGA  Kemenkes RI Apresiasi Pemprov Sumsel dan BBLK Sinergi Kampanyekan Pencegahan Diabetes Sejak Dini

 

Sumber : Health.okezone.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button