OKU

Pj Gubernur dan Pj Ketua PKK Sumsel Berikan Bantuan Makanan untuk Stunting di OKU

MAKLUMATNEWS.com, Baturaja — Upaya pencegahan stunting terus dilakukan Provinsi Sumatera Selatan bersama Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan.

Kali ini, Pemprov Sumsel memberikan bantuan berupa makanan kepada bayi, balita dan ibu hamil.

Bantuan diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni bersama Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tyas A. Fatoni usai peresmian pasar Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Pasar Desa Sari Bumi Desa Karya Mukti Unit 12, Kecamatan Sinar Peninjauan yang dipusatkan di Desa Bumi Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat (3/11/2023).

Bantuan yang diberikan berupa beras 5 kilogram, telur satu kilogram, susu, sosis dan vitamin.

Fatoni berharap bantuan ini bermanfaat untuk memenuhi asupan gizi bagi anak-anak yang rentan agar terhindar dari risiko stunting.

“Stunting itu yang pertumbuhan badannya tidak bagus, yang pertumbuhan badannya tidak normal dan berdampak pada kesehatan, berdampak pada perkembangan otaknya, kalau semuanya tidak bagus, maka perkembangannya akan membuat anaknya tidak pintar dan tidak sehat.

Kalau tidak pintar dan tidak sehat tidak bisa sekolah dengan baik tidak bisa melaksanakan aktivitas dengan baik dan akhirnya masa depannya tidak bagus,“ kata Fatoni.

Fatoni mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengonsumsi makanan bergizi.

Menurutnya, makanan bergizi bisa didapatkan dengan berkebun secara mandiri di rumah.

“Makan-makanan yang sehat, jangan makan makanan yang tidak sehat, makan sayur, makan buah, makan telur, makan-makan yang bergizi.

Makanan bergizi tidak harus mahal, ada di kebun kita, ada di lingkungan kita, ada di kandang kita.

Makan daging, makan telur, makan daun singkong, makan buah pepaya, makan pisang itu banyak sekali di lingkungan kita, silakan dimakan,” tambahnya.

BACA JUGA  Mawardi: Sinergi Mencegah Stunting Hasilkan Generasi Sehat dan Cerdas untuk Masa Depan Bangsa

Fatoni juga mengajak tokoh masyarakat, perusahaan, dan semua yang terkait turut berkontribusi menurunkan angka stunting.

Salah satu solusi yang diberikan adalah dengan menjadi orang tua asuh bagi anak stunting.

“Dalam menangani stunting, saya mengajak anggota semua pihak termasuk anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumsel supaya menjadi bapak asuh anak stunting yang nantinya diberikan makanan sehat dan bergizi agar stunting dan kemiskinan ekstrem di Sumsel dapat ditangani dengan cepat,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button