SUMSEL

Sudah Ingatkan Secara Lisan dan Tertulis,  Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel Desak Gubernur Segera Melantik Komisioner KPID Provinsi Sumsel Periode 2021-2024

Herman Deru : Akan Segera Dilantik, Tinggal Penetapan Waktu

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel Antoni Yuzar kembali mengingatkan Gubernur Sumsel Herman Deru agar segera melantik 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024 dalam sidang paripurna.

Hal tersebut disampaikan Antoni Yuzar dalam Rapat Paripurna ke 49 DPRD Provinsi Sumsel,  Senin (30/5/2022).

Antoni Yuzar mengatakan,  ini adalah untuk yang kedua kalinya dia mengingatkan Pemprov Sumsel untuk segera melantik 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024. “Hari ini Gubernur Sumsel hadir.  Sebelumnya sudaj saya ingatkan pada rapat paripurna,  tapi Gubernur tidak hadir, ” ujarnya.

Antoni menuturkan, dalam rapat paripurna tadi sudah dijelaskan kepada Gubernur Sumsel jika  Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan  fit dan proper tes.

“Kita sudah menghasilkan 7 nama komisoner untuk dilantik.  Peringkat 1-7 untuk dilantik,  sedangkan peringkat 8-21 sebagai cadangan.  Tapi pelantikannya ini sudah terlalu lama menunggu.  Apalagi ini sudah menjelang bulan 6,” katanya.

“Padahal Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel menyampaikan nama-nama peringkat 1-7 untuk segera dilantik sejak bulan Januari.  Artinya KPID Provinsi Sumsel ini sudah 2 kali perpanjangannya. Ini yang membuat galau para komisioner, ” tegasnya.

Antoni menjelaskan,  ini adalah amanah dan regulasi baik di Undang-Undang KPI maupun peraturan KPI.  “Jadi Pemprov Sumsel harus melaksanakan pelantikan itu,  setelah DPRD Provinsi Sumsel melakukan uji kepatutan dan kelayakan.  Itu harus ditindaklanjuti dengan pelantikan, ” bebernya.

“Harapan kami dalam waktu dekat segera dilakukan pelantikan 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024. Karena tidak ada masalah,  tidak ada perubahan segala macam. Karena kami tidak pernah merubah.  Kita menunggu pelantikannya, ” paparnya.

“Jumat tanggal 27 Mei,  saya sudah menyampaikan nota dinas secara tertulis kepada Pimpinan DPRD Provinsi Sumsel agar menyurati Gubernur Sumsel agar Gubernur Sumsel segera melantik 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024. Jadi sudah kita sampaikan ingatkan secara tertulis dan secara lisan, ” ucapnya.

BACA JUGA  Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ajak ASN Jaga Netralitas Pemilu Tahun 2024

Menanggapi itu,  Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan,  tinggal dijadwalkan pelantikannya. “Semua administrasi sudah lengkap. Pelantikan akan segera dijadwalkan, ” ucapnya singkat.

Reporter : yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button