SUMSEL

Sudah Ingatkan Secara Lisan dan Tertulis,  Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel Desak Gubernur Segera Melantik Komisioner KPID Provinsi Sumsel Periode 2021-2024

Herman Deru : Akan Segera Dilantik, Tinggal Penetapan Waktu

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel Antoni Yuzar kembali mengingatkan Gubernur Sumsel Herman Deru agar segera melantik 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024 dalam sidang paripurna.

Hal tersebut disampaikan Antoni Yuzar dalam Rapat Paripurna ke 49 DPRD Provinsi Sumsel,  Senin (30/5/2022).

Antoni Yuzar mengatakan,  ini adalah untuk yang kedua kalinya dia mengingatkan Pemprov Sumsel untuk segera melantik 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024. “Hari ini Gubernur Sumsel hadir.  Sebelumnya sudaj saya ingatkan pada rapat paripurna,  tapi Gubernur tidak hadir, ” ujarnya.

Antoni menuturkan, dalam rapat paripurna tadi sudah dijelaskan kepada Gubernur Sumsel jika  Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan  fit dan proper tes.

“Kita sudah menghasilkan 7 nama komisoner untuk dilantik.  Peringkat 1-7 untuk dilantik,  sedangkan peringkat 8-21 sebagai cadangan.  Tapi pelantikannya ini sudah terlalu lama menunggu.  Apalagi ini sudah menjelang bulan 6,” katanya.

“Padahal Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel menyampaikan nama-nama peringkat 1-7 untuk segera dilantik sejak bulan Januari.  Artinya KPID Provinsi Sumsel ini sudah 2 kali perpanjangannya. Ini yang membuat galau para komisioner, ” tegasnya.

Antoni menjelaskan,  ini adalah amanah dan regulasi baik di Undang-Undang KPI maupun peraturan KPI.  “Jadi Pemprov Sumsel harus melaksanakan pelantikan itu,  setelah DPRD Provinsi Sumsel melakukan uji kepatutan dan kelayakan.  Itu harus ditindaklanjuti dengan pelantikan, ” bebernya.

“Harapan kami dalam waktu dekat segera dilakukan pelantikan 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024. Karena tidak ada masalah,  tidak ada perubahan segala macam. Karena kami tidak pernah merubah.  Kita menunggu pelantikannya, ” paparnya.

“Jumat tanggal 27 Mei,  saya sudah menyampaikan nota dinas secara tertulis kepada Pimpinan DPRD Provinsi Sumsel agar menyurati Gubernur Sumsel agar Gubernur Sumsel segera melantik 7  komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024. Jadi sudah kita sampaikan ingatkan secara tertulis dan secara lisan, ” ucapnya.

BACA JUGA  Bakal Seru " Duel Saudara " Warnai Persaingan Pilgub Sumsel 2024 Mendatang

Menanggapi itu,  Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan,  tinggal dijadwalkan pelantikannya. “Semua administrasi sudah lengkap. Pelantikan akan segera dijadwalkan, ” ucapnya singkat.

Reporter : yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button