MOZAIK ISLAM

Tips Mudah Bangun Sholat Tahajud, Salah Satunya Niat

MAKLUMATNEWS.com –  Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Menurut definisi dalam Islam, sholat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur. Sholat sunnah ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan.

Sholat tahajud bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas dalam kurun waktu setelah sholat isya hingga menjelang subuh.

Sebagaimana firman Allah dalam QS Al Isra ayat 79 berikut :

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra : 79)

Tetapi seringkali orang akan kesulitan saat hendak salat tahajud. Rasa malas dan kantuk kadang mengalahkan rencana salat tahajud karena sulit bangun malam. Faktor kebiasaan juga menjadi penyebab mudah dan tidaknya bangun di sepertiga malam terakhir untuk melaksanakan salat tahajud.

Kamu bisa ikuti tips ini agar mudah bangun untuk salat tahajud:

Niatkan karena Allah Swt.

Niatkan di dalam hati akan melaksanakan salat tahajud karena Allah SWT. Niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa lebih bersemangat.

Tidur lebih awal

Seperti apa yang selalu dianjurkan oleh Rasulullah, tidur lebih awal setelah melaksanakan salat Isya juga bisa membantu agar terbangun di sepertiga malam. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 10 malam.

Jangan lupa pasang alarm

Para ulama menyarankan untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam yaitu jam 3 dini hari. Pasang alarm sesuai dengan jam yang diinginkan.

Berwudhu sebelum tidur

Biasanya untuk bersuci atau berwudhu sebelum tidur. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar istiqomah salat tahajud. Dengan berwudhu, memungkinkan untuk tidak digoda oleh setan yang membuat malas bangun untuk mendirikan salat tahajud.

BACA JUGA  Allah Membentangkan Setiap Zaman dan AlQuranulkarim

Tidur dengan Posisi Miring Kanan

Menurut sunnah Rasulullah adalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Hal ini dikatakan bisa mempermudah untuk bangun di sepertiga malam. Posisi ini dapat membuat tubuh terjaga dengan baik sehingga kualitas tidur lebih optimal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button