LIFESTYLE

Selain Kopi, Berikut 5 Cara Mengusir Ngantuk Setelah Makan Siang

MAKLUMATNEWS.com —Kantuk sesudah makan dialami hampir semua orang. Hal ini mungkin mengganggu. Berbagai cara mengatasi ngantuk setelah makan pun dilakukan, misalnya minum kopi. Namun, adakah cara lain yang tak kalah sehat?

Menguap dan mengantuk setelah makan umum dialami banyak orang. Ini merupakan respons tubuh terhadap perubahan kimiawi pada tubuh setelah makan.

Salah satu penyebabnya adalah adanya peningkatan hormon serotonin dan melatonin di otak yang dapat menyebabkan kantuk.

Mengutip studi terbitan Translational Medicine Communications (2021), kadar insulin pada tubuh meningkat saat Anda kenyang.

Beberapa zat gizi yang terkandung dalam makanan, seperti asam lemak, karbohidrat, dan protein mampu meningkatkan kadar insulin secara drastis.

Kadar insulin yang meningkat akan menaikkan asam amino triptofan di otak. Hal ini juga membuat kadar konsentrasi serotonin di otak ikut bertambah.

Rasa kantuk dan lelah biasanya muncul di siang hari, tepatnya setelah makan siang. Padahal, ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, sementara jam pulang kerja masih cukup lama.

Lantas, bagaimana cara agar tidak mengantuk setelah makan?

Menghilangkan rasa kantuk dengan minum kopi juga bukan jawaban yang baik. Apalagi jika Anda tidak bisa minum kopi, misal karena memiliki riwayat asam lambung yang sudah cukup parah.

  1. Jalan-jalan

Jika rasa kantuk mulai menyerang, bangunlah dari tempat duduk. Bahkan, mengutip NDTV, Anda disarankan untuk tidak langsung duduk di meja kerja setelah makan siang.

Sebaiknya, lakukan gerakan kecil seperti jalan berkeliling di sekitar ruang kerja. Cara ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

  1. Mengunyah permen karet

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan. Tapi, tentu tidak boleh berlebihan.

BACA JUGA  Jenis-jenis Ikan Pbass Paling Populer Untuk Dipelihara

Mengunyah permen karet dapat membantu menghilangkan rasa kantuk karena rahang yang terus bergerak. Kunyah permen karet setidaknya selama lima menit untuk mengembalikan energi Anda.

  1. Perhatikan porsi makan

Hindari makan dalam jumlah besar di siang hari saat Anda bekerja. Bukan cuma itu, mengutip Vogue, cara Anda makan juga harus diperhatikan.

Jauhkan gawai dan berkonsentrasi pada apa yang Anda makan. Kunyah makanan dengan baik agar pencernaan bisa bekerja normal.

  1. Gunakan jaket

Suhu ruangan yang dingin membuat rasa kantuk tak bisa ditepis. Bawalah jaket atau syal untuk membuat diri Anda tetap hangat ketika suhu AC kantor terlalu rendah.

  1. Tidur awal di malam hari

Jika Anda kerap mengantuk di siang hari saat bekerja, bisa jadi karena saat malam jam tidur Anda berantakan.

Mengutip Cleveland Clinic, saatnya Anda mendengarkan tubuh. Misalnya, jika Anda mulai merasa lelah pada jam 9:30 malam atau jam 10 malam, cobalah bersantai dan tidur lebih awal.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk menjawab bagaimana cara agar tidak mengantuk setelah makan, terutama jika Anda tidak bisa minum kopi.

 

Sumber : cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button