SEHAT

Ini Manfaat dan Cara Konsumsi Buah Ciplukan

MAKLUMATNEWS.com – Diantara kita pasti sudah tau buah ciplukan. Buah ciplukan atau biasa yang disebut dengan golden berries adalah buah berwarna oranye kekuningan yang memiliki kulit tipis mirip kelopak. Buah ini berukuran lebih kecil dari tomat ceri, memiliki rasa manis, dan rasanya agak mirip nanas dan mangga.

Buah kecil ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak heran jika buah ini sering dijadikan bahan masakan di berbagai negara. Lantas, apa saja manfaat buah ciplukan untuk kesehatan?

Berikut ini beberapa manfaat buah ciplukan:

  1. Mengurangi peradangan

Salah satu manfaat buah ciplukan mengurangi peradangan. Hal ini karena mengandung steroid alami yang disebut withanolides. Steroid tersebut dapat membantu menenangkan peradangan pada radang sendi kronis, penyakit autoimun, dan beberapa penyakit neurodegeneratif.

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Buah ciplukan juga mengandung fitosterol yaitu sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah, terutama kolesterol “jahat” (LDL). Buah ciplukan juga mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah studi pada sel manusia menemukan bahwa buah ciplukan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Sebab, buah tersebut mengandung banyak polifenol yang dapat menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu.

Selain itu, buah ciplukan merupakan sumber vitamin C yang baik. Sebanyak 140 gram buah mengandung 15,4 miligram vitamin atau setara dengan 21 persen kebutuhan harian wanita, serta 17 persen kebutuhan harian pria.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah ciplukan berikutnya yaitu baik untuk kesehatan tulang. Buah ini mengandung banyak vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang. Vitamin ini merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan, serta terlibat dalam tingkat pergantian tulang yang sehat, yaitu bagaimana tulang dipecah dan diperbarui.

  1. Meningkatkan kemampuan penglihatan
BACA JUGA  Kenali Keunggulan dan Kekurangan Pembalut Kain, Ladies Harus tahu!

Buah ciplukan mengandung lutein dan beta karoten, serta beberapa karotenoid lainnya. Mengonsumsi kandungan tersebut dari buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan. Lutein karotenoid memang dikenal dapat mencegah penyakit mata.

  1. Mengelola diabetes

Manfaat buah ciplukan yang terakhir yaitu membantu mengelola diabetes. Buah ciplukan mengandung senyawa yang dapat memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat. Hal tersebut dapat mencegah aliran gula yang tidak diinginkan dalam aliran darah.

Mengatur kadar gula darah dan menghindari lonjakannya adalah kunci untuk menghindari hiperglikemia, kondisi kesehatan yang berpotensi berbahaya terkait diabetes.

Untuk menikmatinya, ada beberaoa cara untuk mengonsumsi buah ciplukan yaitu :

  • Memakannya mentah atau langsung sebagai camilan.
  • Menjadikannya sebagai campuran salad buah.
  • Menaburkannya di atas salad sayur.
  • Dijadikan minuman smoothie.
  • Mencelupkannya ke dalam saus coklat sebagai pencuci mulut.
  • Mengolahnya menjadi saus untuk dinikmati bersama daging atau ikan.
  • Mengolahnya menjadi selai.
  • Sebagai topping yoghurt dan granola.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button