NASIONAL

Presiden Joko Widodo Ajak Pemimpin Negara dan Delegasi KTT G20 Berkunjung ke Tahura Mangrove Bali

MAKLUMATNEWS.com, Bali – Hari ini, Rabu (16/11), sejumlah pemimpin negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diajak Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove di Denpasar, Bali.

Dari pantauan Youtube Sekretariat Presiden, sejumlah pemimpin negara dan para delegasi bergantian tiba dan disambut secara langsung oleh Jokowi, sekitar pukul 09.45 Wita.

Sedangkan Presiden Jokowi hadir di lokasi sejak pukul 09.00 Wita.  Di dampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Jokowi yang mengenakan pakaian kasual juga sudah sempat berkeliling ke area pembibitan.

Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai Bali I Ketut Subandi menjelaskan, ada jutaan bibit bakau yang disiapkan untuk dibawa pulang oleh delegasi G20 jika mereka menginginkan.

“Ada bibit banyak, disiapkan 6 juta bibit. Tapi kalau yang ada sekarang 2 juta bibit, nanti kalau ada tamu delegasi G20 yang mau membawa diberikan seberapa saja dia mau, sepanjang dapat akan difasilitasi,” ungkap Subandi, Rabu (16/11/2022), seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, para pemimpin negara G20 dijadwalkan u hadir mulai pukul 09.00 Wita hingga 11.00 Wita. Sedangkan delegasi Uni Emirat Arab (UEA) telah lebih dahulu berkunjung ke kawasan mangrove itu pada Selasa (15/11/2022).

“Delegasi yang berasal dari UEA mengunjungi Tahura Ngurah Rai pada Selasa. Di lokasi tersebut mereka menanam mangrove dan meminta 10 bibit jenis rhizopora untuk ditanam di negaranya,” kata dia.

Taman Hutan Raya Mangrove memiliki luas sekitar 1.373,5 hektare.

Para pemimpin negara akan diajak mengelilingi kawasan yang sudah diresmikan sejak 1992 tersebut. Mereka juga diajak menanam dan melihat langsung persemaian bibit mangrove. (*/Kompas.com)

BACA JUGA  Disebut Masuk Timnas AMIN, Ary Ginanjar : Saya Tetap Netral

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button