NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An’am Ayat 128  Kerjasama Manusia dan Jin yang Merugikan

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Surat Al-An’am Ayat 128 berbunyi :

{ وَیَوۡمَ یَحۡشُرُهُمۡ جَمِیعࣰا یَـٰمَعۡشَرَ ٱلۡجِنِّ قَدِ ٱسۡتَكۡثَرۡتُم مِّنَ ٱلۡإِنسِۖ وَقَالَ أَوۡلِیَاۤؤُهُم مِّنَ ٱلۡإِنسِ رَبَّنَا ٱسۡتَمۡتَعَ بَعۡضُنَا بِبَعۡضࣲ وَبَلَغۡنَاۤ أَجَلَنَا ٱلَّذِیۤ أَجَّلۡتَ لَنَاۚ قَالَ ٱلنَّارُ مَثۡوَىٰكُمۡ خَـٰلِدِینَ فِیهَاۤ إِلَّا مَا شَاۤءَ ٱللَّهُۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِیمٌ عَلِیمࣱ }

Artinya :

Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin! kamu telah banyak (menyesatkan) manusia.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Tuhan, kami telah saling mendapatkan kesenangandan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” Allah berfirman, “Nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain.” Sungguh, Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

Pada ayat ini Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk mengingat masa akan dikumpulkannya seluruh manusia dan jin.

Kemudian Allah berseru kepada para pimpinan jin kafir, bahwa kalian telah banyak menyesatkan manusia dan menghalangi mereka dari jalan Allah SWT.

Lalu pengikut mereka dari golongan manusia berkata wahai Tuhan kami, setiap kelompok dari kami telah mendapatkan manfaatnya masing-masing.

Kelompok jin menikmati ketaatan manusia kepada mereka, dan kelompok manusia menikmati fasilitas yang diperoleh dari jin, hingga tibalah waktu yang Engkau tetapkan untuk habisnya masa kami di dunia.

Lalu Allah berseru kepada mereka, tempat kalian kembali dan menetap adalah neraka, kecuali masa yang dikehendaki oleh Allah untuk tidak berada di dalam neraka, yaitu masa meninggalnya manusia hingga dibangkitkannya ke alam akhirat.

Sungguh Tuhanmu maha bijak dalam segala ketentuannya, dan maha mengetahui setiap hal secara detail dan terinci.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 28 Sikap Qabil dan Habil Terhadap Pembunuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button