PENDIDIKAN

SDIT Al Furqon Gelar Baksos dan Penampilan Seni untuk Tumbuhkan Karakter Profil Pancasila pada Siswa

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — SDIT Al Furqon menggelar kegiatan pembukaan dan penampilan seni kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika Berdamai dengan Diri” bertempat di gedung SD IT Al Furqon Palembang Kamis 13 April 2023.

Kepala SD IT Al Furqon Palembang Zakiudin SPd.I mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan puncak tema implementasi dari kurikulum merdeka.

“Jadi tema kegiatan kedua ini adalah penggabungan dari kurikulum keislaman dan kurikulum merdeka.

Sehingga kegiatannya dirangkai dari kegiatan pesantren kilat, penggalangan dana dan baksos.

Penggalangan dana kencleng siswa yang Alhamdulillah telah dilaksanakan secara simbolis terkumpul sebesar Rp 151 juta,” ujarnya.

Kemudian, sambung Zakiudin, dana-dana yang terkumpul kita belanjakan untuk baksos sebanyak 330 paket  ditambah amplop Rp 150.000.

Untuk dibagikan setelah salat subuh membagikan kepada sahabat pasukan kuning pasukan gerobak untuk 200 orang dan amplop Rp100.000.

Kemudian siangnya melaksanakan kunjungan ke panti sebanyak 20 panti yang akan diberikan paket beras 10 kilo Indomie 2 dus dan susu indomilk 2 dus.

SDIT Al Furqon Gelar Baksos dan Penampilan Seni. (Foto : Yanti Rizky)

Selain itu, lanjut Zakiudin, siswa berkreasi membuat parcel dan celengan, dan alhamdulillah uang yg terkumpul sudah diserahkan ke wakil keislaman dan akan didistribusikan ke fakir miskin dalam bentuk paket sembako, kemudian celengam tersebut akan dibawa pulang agar anak-anak tetap gemar menabung.

“Tampilan ketiga sore ini adalah sampai malam. Ini adalah rangkaian kegiatan P5 semua.

Anak-anak menampilkan bakat minat kreasi anak-anak sesuai yang mereka pilih sesuai dengan kemampuan mereka. Sesuai tema menggali potensi diri,” katanya.

“Jadi siswa mengenali mereka sendiri. Sehingga anak-anak memiliki rasa syukur atas seluruh anggota tubuh yang diberikan Allah dan menghargai orang di sekitar dan kepedulian terhadap sesama dan tubuhnya jiwa gotong royong,” tambah Zakiudin.

BACA JUGA  PPDB SMKN 6 Palembang Buka Jurusan Baru Desain Komunikasi Visual
Siswa SDIT Al Furqon sangat antusias mengikuti Baksos dan Penampilan Seni. (Foto : Yanti Rizky)

Lebih lanjut Zakiudin menuturkan, harapannya ke depan adalah karakter profil Pancasila jadi karakter peserta didik di SD IT Al Furqon.

“Salah satunya memiliki jiwa gotong royong, memiliki jiwa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dan timbulnya kemandirian,” bebernya.

“Karena malam ini anak-anak tidak tidur dengan orang tuanya tapi dengan teman-teman satu kelasnya. Ini dalam rangka menumbuhkan kemandirian siswa dan menumbuhkan tanggung jawab terhadap barang yang mereka miliki. Ini yang kita tumbuhkan dari anak-anak Al Furqon.

Kita juga ingin menumbuhkan kepedulian anak terhadap orang di sekitarnya. Sehingga kasus bullying, saling hina dan perundungan tidak terjadi di SD IT Al Furqon,” tandasnya.

 

Reporter :   Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button