Uncategorized

Ketua AJI Palembang Raih Peringkat Pertama Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia 

//Antar Pemangku Kepentingan di Sumsel//

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Balai Bahasa Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar kegiatan Diseminasi Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemangku Kepentingan selama dua hari di Palembang, 18-19 Mei 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari akademisi, Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga kalangan profesional, termasuk jurnalis yang ada di wilayah Sumsel.
Koordinator KKLP UKBI Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi, Dr. Atikah Soliha mengatakan, pada tahun 2023 ini ini kegiatan diseminasi ini dilaksanakan di 4 kota, termasuk Palembang.
“Tujuan dari kegiatan ini untuk menguji sejauh mana kemampuan berbahasa Indonesia para pemangku kepentingan di Indonesia termasuk di Sumsel, untuk bisa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar,” katanya.
Kepala Balai Bahasa Sumsel Karyono MHum mengatakan, kegiatan diseminasi dilaksanakan dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang UKBI Adaptif Merdeka kepada para pemangku kepentingan dari berbagai kalangan.
Uji kompetensi kemahiran berbahasa Indonesia ini menurutnya sangat penting dalam kondisi saat ini.
“Kegiatan ini juga menjadi upaya agar UKBI Adaptif Merdeka dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk mengukur kemahiran masyarakat dalam berbahasa Indonesia,” ujarnya.
Dalam hasil diseminasi tersebut, ada sembilan peserta yang meraih kategori predikat Sangat Unggul dalam penilaian uji kemahiran ini.
Sementara untuk nilai paling tinggi diantara pemangku kepentingan di Sumsel berhasil diraih oleh Ketua AJI Palembang, M Fajar Wiko dengan skor 695.
Ketua AJI Palembang, M Fajar Wiko mengatakan, uji kemahiran ini perlu di tengah permasalahan turunnya minat baca dan literasi masyarakat.
“Kami dari AJI Palembang memandang hal ini sangat diperlukan, tidak hanya untuk pemangku kepentingan, tetapi juga generasi muda Indonesia juga perlu ikut uji seperti ini,” katanya.
Seperti misalnya sejumlah kampus yang sudah mensyaratkan UKBI sebagai salah satu poin penilaian dalam skripsi atau menentukan kelulusan, maka Wiko juga menyebut bahwa UKBI ini juga memungkinkan untuk dijadikan bagian dari standar kompetensi jurnalis.
Reporter :  Pitria/ril

BACA JUGA  Ikan Bakar Besemah Menu Wisata Kuliner Khas Pagaralam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button