PALEMBANG

Basyaruddin dan Kurniawan Ngaku Siap Jika Ditunjuk Jadi PJ Walikota Palembang 

MAKLUMATNEWS com, Palembang –Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru telah menyebut kandidat pengganti sementara jabatan Walikota Palembang.

Selain Ratu Dewa, nama kandidat lainnya yang digadang-gadang yakni pejabat di lingkungan Provinsi Sumsel yakni Basyaruddin dan Kurniawan.

Masa jabatan Walikota Palembang Harnojoyo dan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda akan berakhir pada 18 September 2023.

Sehingga kursi kepemimpinan akan digantikan oleh Penjabat (PJ) yang ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas rekomendasi gubernur.

Tiga nama yang disebut diusulkan itu yakni Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, Asisten III Bidang Kesejahteraan Setda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kurniawan dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sumsel Basyaruddin Akhmad.

Baik Kurniawan maupun Basyaruddin menyebut siap jika ditunjuk menjadi PJ Walikota Palembang oleh Kemendagri atas rekomendasi gubernur.

Sementara Ratu Dewa saat ini masih berada di tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.

“Penetapan PJ merupakan wewenang rekomendasi gubernur dan ditunjuk Kemendagri, saya tidak mau berandai-andai dulu,” kata Kurniawan.

Meski telah mendengar informasi itu, saat ini dirinya tetap fokus pada tupoksi kerjanya sebagai Asisten III Bidang Kesejahteraan Setda Provinsi Sumsel.

Kurniawan sendiri tidak asing dengan Pemkot Palembang karena lama menjadi ASN di lingkungan tersebut dan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Palembang atau saat ini bernama Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSM).

Lalu menjadi Kadis Diskominfo Kota Palembang, 2016-2019 menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, dan terakhir 2019 menjadi dan Kepala Kesbangpol Kota Palembang.

“Pada prinsipnya jika memang dipercaya, saya harus siap ditempatkan dimana pun, dan menjalankan amanah sebaik mungkin,” katanya.

BACA JUGA  Ilham Djaya Ramaikan Bursa Calon Penjabat Wali Kota Palembang 

Sama halnya dengan Basyaruddin Akhmad yang juga siap jika memang ditunjuk. Sebab, nama-nama itu menjadi rahasia gubernur yang diserahkan kepada Kemendagri.

“Saya tidak bisa berandai-andai. Saya pribadi kaget nama saya disebut diusulkan, sebab tidak ada sinyal,” katanya

Terlepas dari itu, Basyaruddin menegaskan jika memang namanya terpilih ia siap dan akan menjalankan amanah dengan baik.

“Saya siap jika diberi amanah,” katanya.

 

 

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button