HUKUM

Viral Panglima TNI Perintahkan Prajuritnya Piting Warga Pulau Rempang, TNI Beri Klarifikasi

MAKLUMATNEWS.com — Beredar video Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memerintahkan pasukannya untuk memiting warga Pulau Rempang yang melakukan unjuk rasa. Video ini pun menuai beragam reaksi warganet.

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono menyebut ada kesalahpalahaman dalam video tersebut. Sebab, video yang beredar tidak utuh.

“Jika dilihat secara utuh dalam video tersebut, Panglima TNI sedang menjelaskan bahwa demo yang terjadi di Rempang sudah mengarah pada tindakan anarkisme yang dapat membahayakan baik aparat maupun masyarakat itu sendiri, sehingga meminta agar masing-masing pihak untuk menahan diri,” kata Julius dalam keterangan tertulis, Senin, 18 September 2023.

Julius menyampaikan, instruksi Panglima TNI adalah penindakan hukum kepada para pelaku anarkisme tidak menggunakan senjata. Sehingga tidak menimbulkan korban.

“Panglima mengatakan, jangan memakai senjata, tapi turunkan personel untuk mengamankan demo itu,” imbuh Julius. Atas dasar itu, terjadi kesalahpahaman antara perintah kepada prajurit dan yang dicerna masyarakat.

“Kadang-kadang bahasa prajurit itu suka disalahartikan oleh masyarakat yang mungkin tidak terbiasa dengan gaya bicara prajurit. Perlu diingat dengan konflik ini, maka kerugian pasti diterima oleh aparat dan masyarakat Indonesia sendiri,” pungkas Julius. (*)

Sumber : JawaPos.com

Editor     : Aspani Yasland

 

BACA JUGA  Presiden Joko Widodo Resmi Melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button