SUMSEL

Agus Fatoni Resmi Jadi Pj Gubernur Sumsel, Ratu Dewa : Kita Siap Bersinergi

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta– Pelantikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dijadwalkan berlangsung di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (2/10/2023). Nama yang santer disebut-sebut sebagai Pj Gubernur di Bumi Sriwijaya itu pun  adalah Agus Fatoni.

Diketahui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menunjuk Agus yang sebelumnya menjabat Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri ini menggantikan H Herman Deru yang abis masa jabatanya per 1 Oktober 2023 kemarin. Pelantikan ini pula bersamaan dengan pelantikan Penjabat Gubernur Kaltim.

Menanggapi hal itu,  Gubernur Sumsel H Herman Deru merespons positif keputusan pemerintah untuk menunjuk Agus sebagai Pejabat Gubernur untuk masa setahun ke depan.

“Beliau adalah sosok yang baik. Pak Agus adalah orang Sumsel. Kita harus membantunya agar sukses dalam menjalankan tugasnya sebagai Penjabat Gubernur Sumsel,” uji Herman Deru.

Rangkaian acara pelantikan ini juga dihadiri oleh anggota DPR sebanyak 17 orang dan anggota DPD RI sebanyak 4 orang yang berasal dari Sumsel. Selain itu, Bupati/Wali Kota dari 17 kabupaten/kota di Sumsel juga turut diundang. Forkopimda Sumsel, yang terdiri dari Ketua DPRD, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono. Salah satunya Pj Walikota Palembang Ratu Dewa juga nampak menghadiri pelantikan  Agus Fatoni.

Bahkawa orang nomor satu di Palembang tersebut sempat berfoto bersama dengan Pj Gubernur Sumsel setelah selesai pelantikan.

“Ya menghadiri pelantikan Pj Gubernur Sumsel pak Agus Fatoni,” kata Dewa dilansir dari sripoku.com

Ratu Dewa mengucapkan selamat atas dilantiknya Pj Gubernur Sumsel  ini. Dan dirinya mengaku siap bersinergi bahu membahu membantu Pj Gubernur Sumsel dalam melaksanakan tugasnya.

Untuk diketahui, Agus Fatoni  lahir di Bahuga, Way Kanan, Lampung pada tanggal 6 Juni 1972. Ia menyelesaikan pendidikan dasar hingga tingkat SMA di Lampung.Selanjutnya, ia meraih gelar sarjana di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 1994 Agus memperoleh gelar Sarjana (S1) dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) pada tahun 1999, gelar Magister (S2) di Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran pada tahun 2003, dan gelar Doktor (S3) di Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran pada tahun 2009.Karier birokratnya dimulai sebagai dirinya menjabat sebagai  ajudan Gubernur Lampung pada periode 1995-1997 dan pernah juga menjabat sebagai Pjs Gubernur Sulawaesi Utara dan  menduduki jabatan Dirjen Bina Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA  Masa Jabatan Berakhir, Pemprov Sumsel Siap Lantik Pj Muba yang Baru

Editor : Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button