PENDIDIKAN

Gelar PKKMB 2023, UKB Jamin Tak Ada Perpeloncoan Mahasiswa Baru

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang secara resmi membuka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 6-7 Oktober 2023.

Pelaksanaan PKKMB di hari pertama ini diikuti lebih dari 300 mahasiswa baru yang dilaksanakan di Aula Lantai 5 UKB, Jumat (6/10/2023).

Dalam sambutan Rektor UKB, Dr Hj Irzanita Wathan,SH,SE,SKM,MM,MKes yang dibacakan Dekan S1 Hukum UKB, Rizayusmanda,SH,MH mengatakan PKKMB bukanlah berbentuk ospek atau perpeloncoan, namun memperkenalkan kegiatan akademik dan kemahasiswaan kepada mahasiswa baru.

“Saya tegaskan agar PKKMB disini tidak ada penyimpangan, tidak ada perpeloncoan oleh senior, tidak ada kekerasan fisik dan psikis yang dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat,” ujar Rektor.

Menurut Rektor, PKKMB harus menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman globalisasi yang menuntut mahasiswa menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan. Serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan saat ini.

“Kita butuh kader-kader bangsa yang memiliki kompetensi seperti kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis. Juga menjadi problem solver, terampil berkomunikasi, berkolaborasi dan memahami bidang kerja dan pengembangan karir serta pentingnya belajar sepanjang hayat,” katanya.

Di era digitalisasi dan society 5.0, jelas Rektor, bukan saja kemampuan akademik dan prestasi belajar saja namun juga pengalaman non akademik seperti berorganisasi.

“Jadilah insan yang bisa membagi waktu dan terus melakukan proses pembelajaran,” ujarnya.

Untuk itulah, jelasnya, seluruh mahasiswa baru perlu sekali melakukan adaptasi dengan cepat, baik itu adaptasi dengan kehidupan akademik dan sosial kemahasiswaan di dalam maupun di luar kampus. .

“Saya berharap proses adaptasi mahasiswa baru ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar sehingga proses belajar mengajar dapat segera berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tukasnya.

BACA JUGA  Ceria dan Serunya Outbond Ceria SDIT Al Furqon Palembang

Dalam PKKMB ini pula mahasiswa baru diperkenalkan dengan sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi.

Selain juga diperkenalkan mengenai lembaga kemahasiswaan yang ada di UKB.

Program ini dinilai sangat bermanfaat karena dapat menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama dan seluruh civitas akademika UKB.

Rektor Irzanita menambahkan bahwa dengan PKKMB diharapkan mahasiswa saling berkenalan antar mahasiswa dan civitas akademika di UKB.

Bisa timbul rasa kekeluargaan, kebanggaan dan loyalitas terhadap almamater serta menumbuhkan movitasi internal dan menumbuhkan kebanggaan dan kemauan belajar, meningkatkan kesadaran hidup dan rasa tanggung jawab.

“Seperti harapan Bapak Nadiem Makarim, Mendikbud Ristek bahwa ubahlah paradigma belajar di perguruan tinggi menjadi kuliah untuk belajar.

Belajar bagaimana untuk bisa berkarya dan bekerja di berbagai bidang bukan hanya sekedar kuliah untuk bekerja.

Mari sama-sama belajar dan terus harus belajar untuk mejadi manusia yang merdeka,” ucapnya.

Rektor menyampaikan bahwa UKB saat ini telah memiliki 5 fakultas dan 17 program studi (Prodi) serta satu program pascasarjana. Dan semuanya telah terakreditasi oleh BAN-PT dan LAM-PTKes.

“Peringkat terakreditasi UKB itu Baik Sekali. Kembali saya ucapkan terima kasih kepada orang tua, dan saudara-saudari semuanya yang telah memberikan kepercayaan kepada UKB sebagai tempat melanjutkan pendidikan,” tandasnya.

 

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button