NASIONAL

Peserta STQH Sumsel “Deg-Degan” Menunggu Babak Final

MAKLUMATNEWS.com, Jambi — Babak penyisihan ajang Seleksi Tilawatil Al-Quran dan Hadits (STQH) Nasional XXVII Tahun 2023 yang dimulai 30 Oktober 2023 lalu, akan berakhir Sabtu sore/malam, 4 November 2023.

Selanjutnya Minggu 5 November 2023, akan digelar babak final. Mereka yang menjadi finalis adalah 3 orang peserta dengan nilai tertinggi dari tiap-tiap golongan yang dilombakan.

Menunggu pengumuman siapa saja yang akan lolos ke babak final ini, para peserta terlihat “deg-degan”, karena sebagian cabang/golongan belum ditampilkan nilainya.

” Ya sudah pasti “deg-degan”, bagi peserta yang nilainya belum keluar,” ujar Sekretaris LPTQ Sumsel, KH Agus Jaya.

Sampai Jumat sore, 3 November 2023, sudah 15 peserta asal Sumsel yang tampil di mimbar lomba. Dengan demikian masih tersisa 5 peserta lagi yang akan tampil. Untuk tilawah dewasa putri tampil Jumat sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Istiqomah (tengah) berfoto dengan pendamping sebelum tampil cabang hadits 500 tak bersanad. (Foto : IST)

Sementara 4 peserta lagi tampil Sabtu 4 November 2023. Mereka masing-masing golongan hadits 100 bersanad putra, tafsir bahasa Arab putra, tahfiz 10 juz putri, dan tahfiz 30 juz putri. Mereka ini semuanya diunggulkan untuk maju ke final, harap Agus Jaya.

Pada lomba Jumat 3 November 2023, mereka yang tampil yakni Istiqomah (peserta 500 hadits tak bersanad putri), lalu Ahmad Mujaddid ( hifzil Quran 20 juz putra).

Keduanya menurut pelatih dan pendamping yang menyaksikan, tampil cukup baik, sehingga berpeluang ke babak final.

Tapi kepastiannya masih menunggu pengumuman resmi dari dewan hakim atau panitia.

“Mudah-mudahan saja mereka tampil di final. Mohon doa,” ujar Ustadzah Dr Hj Muyassarah, pelatih Mujaddid, usai menyaksikan penampilan anak asuhnya di venue Kantor Bappeda Jambi, Jumat sore.

Hal senada dikatakan Topan Idris, pendamping dari Istiqomah peserta hadits 500 tak bersanad.

BACA JUGA  Khofifah Indar Parawansa : Emak-emak Insya Allah Dukung Prabowo-Gibran

“Alhamdulillah penampilan Istiqomah mulus,” ujar owner Baba Tour and Travel Umroh itu dengan wajah ceria.

Sementara peserta tilawah dewasa putri, Lilis Suryani akan tampil di mimbar Arena Utama H Abdurrahman Sayoeti, Jumat 3 November 2023 sekitar pukul 23.00 WIB.

Dari 15 peserta yang tampil ini sudah ada sebagian cabang/golongan yang dimunculkan nilainya oleh Panpel STQH Nasional.

Peserta dari Sumsel umumnya meraih nilai di atas 90, tiga di antaranya bahkan meraih nilai di atas 95.

Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA yang terus mendampingi dan menyemangati para peserta STQH Sumsel, menilai para peserta telah tampil dengan kemampuan terbaiknya.

Perlombaan tersebut digelar di lima venue yakni di Arena Utama H Abdurrahman Sayoeti, Aula PUPR, Aula Bappeda, Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, dan di Aula Mahligai Bank Jambi.

Para peserta dari Sumsel yang sudah tampil tersebut, yakni untuk cabang tilawah dengan golongan dewasa putra, tilawah anak putra putri, cabang Hifzil/tahfiz dengan golongan 1 juz tilawah putra putri, tahfiz 10 juz putra, dan tahfiz 5 juz tilawah putra putri.

Kemudian cabang tafsir, yakni tafsir bahasa Arab putri, cabang hadits golongan 500 tak bersanad putra putri, hadits 100 bersanad putri, serta tahfiz 20 juz putra putri. Mereka semuanya tampil dengan baik.

Setidaknya hingga saat ini, Jumat 3 November 2023, ada tiga peserta dari Sumsel yang meraih nilai di atas 95, yakni Tahfiz 30 juz putra atas nama Rendi Dwi Saputra, dan Hadits 100 bersanad putri atas nama Asmi Dwi Yanti, serta Tahfiz 1 juz tilawah putra atas nama Syahmi.

Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori menilai para peserta yang sudah tampil lomba telah menunjukkan kemampuan terbaiknya.

BACA JUGA  Seleksi Petugas Haji 1445 H/2024 M Segera Dibuka, Ini Jadwal dan Syaratnya      

“Tinggal lagi nasib yang akan menentukan apakah mereka akan melaju ke babak final atau tidak.

Tentu setelah usaha dilakukan secara maksimal, maka tiada lain selanjutnya bertawakkal kepada Allah SWT,” ujar Ki Mudrik.

Ki Mudrik Qori meminta kepada para peserta yang belum tampil, untuk tampil tanpa beban, enjoy dan ikhlas.

Jalani lomba dengan semangat sembari berserah diri kepada Allah, ujar Ki Mudrik. (*/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button