PENDIDIKAN

559 Santri TK/TP Alquran Angkatan XIX  dan Tahfidz Juz 30 Angkatan II LPPTKA BKPRMI Kota Palembang Diwisuda 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Staf Ahli Gubernur Sumatera Selatan bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Daerah (Setda) provinsi Sumsel Drs Nelson Firdaus, M.M yang mewakili Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si menghadiri Wisuda Santri Taman Kanak Kanak Pendidikan Alquran Angkatan XIX dan Wisuda Tahfidz Juz 30 Angkatan II bertempat di Kota Palembang.

Dan kegiatan ini sendiri gedung Academic Center Universitas Islam Negeri Raden fatah Palembang, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan ini sendiri diselenggarakan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran (LPPTKA) dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Kota Palembang.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Sumsel Firdaus, S.H, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BKPRMI Kota Palembang H M Ifan Fahriansyah, M.Kes, Dirda LPPTKA BKPRMI Kota Palembang Handi Saputra, M.PD.I, dan undangan lainnya.

Adapun tema yang diambil di dalam kegiatan kali ini “Menyiapkan generasi Alqurani Menyongsong Masa Depan Gemilang”

Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Sumsel Drs Nelson Firdaus, M.M mengatakan, hari ini pihaknya menghadiri kegiatan Syukuran Khataman Dan Wisuda Santri TK/TPA Angkatan XIX Dan Wisuda Tahfidz Jus 30 Angkatan II LPPTKA BKPRMI Kota Palembang.

LPPTKA dan BKPRMI adalah salah satu lembaga dakwah dan pendidikan Islam yang membina dan mengembangkan pendidikan Alquran.

Mewujudkan generasi Qurani sebagai tujuan utama , menjadikan Al-Quran bacaan utama dan menjadi pedoman hidupnya.

“LPPTKA BKPRMI sudah berperan aktif mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Sumsel, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyadari pentingnya peran pendidikan khususnya pendidikan agama dalam menciptakan SDM berkualitas,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sambung Nelson, Pj Gubernur Sumsel sangat mengapresiasi dan mendukung peran LPPKA dan BKPRMI dalam menciptakan generasi yang beriman, berkualitas, berakhlak mulia dan bertanggung jawab dalam tatanan masyarakat madani sejalan dengan visi dan misi pemerintah provinsi Sumsel untuk mewujudkan Sumsel sejahtera, unggul dan terdepan.

BACA JUGA  Hadiri Pisah Sambut Kepala SMKN 8 Palembang, Riza Fahlevi Ingatkan untuk Menjaga IBADAH

Pembangunan suatu bangsa termasuk di Provinsi Sumsel sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia yang unggul, wisudawan dan wisudawati telah mengembangkan potensi diri dan mengasah kemampuan selama mengenyam pendidikan untuk menjadi unggul.

“Untuk itu saya ucapkan selamat dan sukses kepada peserta wisuda yang dikukuhkan hari ini.

Saya menyampaikan terima kasih dan selamat kepada Kepala dan Staf pengajar LPPTKA BKPRMI atas terselenggaranya Syukuran Khataman dan Wisuda ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Kota Palembang H M Ifan Fahriansyah, M.Kes menuturkan, hari ini pihaknya melaksanakan wisuda.

“Hari ini ada 559 anak yang diwisuda TK dan TP Alquran. Tunanetra ada 7 yang hafidz, untuk santri terbaik ada 15 santri, jadi ada puluhan anak yang diberi penghargaan,” tuturnya.

“Pesan kita hari ini, kita sangat apresiasi atas semangat mereka. Setelah wisuda ini bukan berhenti mengaji, terus belajar sampai sepanjang hayat. Setelah ini mereka bisa ikut STQ. Dan jadi remaja masjid,” katanya.

Dia menerangkan, pihaknya diamanahi menakhodai BKPRMI Kota Palembang ini di tengah pandemi covid-19.

“Kami menjalankan BKPRMI kota Palembang ini di tengah sekolah yang sudah mulai boarding dan semi boarding.

Tantangan hari ini yang paling berat adalah kami harus berhadapan dengan gadget dan game-game lainnya.

Di mana samping kiri kita juga ada santri tunanetra, anak-anak kita walaupun tunanetra mereka bisa hafal Quran, itu jadi motivasi santri lainnya,” tuturnya.

Ifan mengungkapkan, disini hadir ustadz dan ustadzah yang selama ini tulus dan ikhlas membimbing anak-anak.

“Kami titip penuh mudah-mudahan mereka menjadi Ahlul Quran, serta izinkan kami berharap juga mendapatkan pahala jariyah dari anak-anak ini, dan mereka inilah yang insya Allah menjadi generasi-generasi penerus bagi bangsa dan negara ini,” ucapnya.

BACA JUGA  Yuk Intip Rangkaian Tahapan Manasik Haji Tamattu' Cilik SDIT Al Furqon Palembang

Masih disampaikannya, pihaknya mendoakan semoga yang hadir ini, anak-anak ini kelak mengisi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari ini kita krisis moral, hari ini kita krisis iman, mudah-mudahan walaupun sedikit yang dibisa diberikan oleh BKPRMI kota Palembang ini bisa bermanfaat.

“Tentunya dengan bahu membahu, bersama-sama bergandengan tangan, ada donatur, ada unsur pemerintahan, ada unsur praktisi, dan pelaksana yang menjadi ujung tombak, insya Allah kita menghasilkan dan mewujudkan generasi Qurani di masa yang akan datang,” tuturnya.

Ifan mengungkapkan, pihaknya juga hari ini memberikan penghargaan kepada Kesra kota Palembang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel karena di dinas kesehatan itu ada komunitas quran.

Jadi ada karyawan, ada ASN yang tilawah rutin sampai 3 juz per hari.

“Selain itu, di DLH Provinsi ada majelis ilmu, majelis taklim sudah dilakukan lebih dari 2 tahun saat dulu di bawah kepemimpinan Pak Edward dilakukan rutin untuk membina iman dan taqwa.

Sekarang pak Edward Jadi asisten dan penghargaan diberikan pak Edwar waktu beliau menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumsel, dan sekarang beliau sudah menjadi asisten,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button