PALEMBANG

Buruh Tuntut Upah Naik Rp 300 ribu atau Senilai 20 kg Beras

#Demo Gepbuk Hari Ini#

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Upah yang dinilai masih belum layak, para buruh yang terdiri dari Gerakan pekerja/buruh untuk keadilan “Gepbuk” Sumsel melakukan aksi di kantor walikota Palembang, Senin (26/11/2023).

Para buruh yang juga melakukan long march ke Kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) ini bertujuan untuk meminta menaikkan upah pekerja di 2024.

Sebab, dari hasil penetapan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 1,55 persen atau Rp 52.696 dari Rp 3.404.177 menjadi Rp 3.456.874 yang dinilai tidak layak.

Bahkan dari seruan buruh kenaikan upah di kabupaten/kota kenaikan upah juga tak berbeda jauh dengan kisaran Rp 52.000 sampai Rp 58.000 untuk di 2024.

“Tuntunan kami upah ini setidaknya bisa naik Rp 300 ribu atau 20 kg beras,” kata Koordinator aksi, Hermawan.

Menurutnya, kenaikan upah layak yang di tuntut oleh buruh/pekerja ini penting karena seharusnya sejalan dengan kebutuhan pokok yang kian meninggi.

“Harga beras naik, harga gula naik. Sekarang saja beras 1 kg sudah Rp 15.000, belum kebutuhan pokok yang lain, sementara upah naik 50an ribu,” katanya.

Sementara itu, rombongan demo di kantor walikota Palembang disambut asisten 1 setda kota Palembang bidang pemerintahan dan kesra, Yanurpan Yani.

“Aksi ini wajar-wajar saja, sebagai upaya aspirasi dan perjuangan untuk buruh/pekerja untuk upah mereka,” katanya.

Terkait dengan upah, dikatakan Yanurpan, untuk Upah Minimum Kota (UMK) Palembang, pemerintah kota Palembang bersama dengan dewan pengupahan sudah menyampaikan/memutuskan rekomendasi ke provinsi Sumatera selatan.

“Untuk UMK Palembang rekomendasi ke pemprov Sumsel kita naik 3,86 persen atau Rp136. 508 sekian sen.

Mengenai penetapan nanti akan di SK atau diputuskan oleh Gubernur, ” katanya.

BACA JUGA  ISPU Capai 287, Palembang Kota Dekati Zona Hitam

 

 

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button