POLITIK

Usai Debat Ke-3 Anies Menolak Diajak Ngopi oleh Prabowo, Apa Alasannya?

MAKLUMATNEWS.com — Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menolak diajak minum kopi bersama oleh capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Ajakan itu muncul saat Prabowo menganggap data terkait anggaran pertahanan tak bisa dibeberkan dalam waktu terbatas.

“Ini bukan antarpribadi. Jadi saya ingin garis bawahi ini bukan ngopi bareng ditunjukin data, keterbukaan di dalam menyampaikan pendapat itu penting dan transparansi itu diwujudkan bukan dalam bentuk kata-kata,” kata Anies di Istora Senayan, Jakarta, Ahad, 7 Januari 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyentil bahwa seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi. Sehingga, gagasannya dapat tersampaikan ke publik secara utuh.

“Justru kepemimpinan diharuskan bisa menguasai komunikasi, supaya gagasan bisa disampaikan dalam waktu yang diberikan,” ucap Anies.

Anies mencontohkan pemimpin yang mendapat kesempatan tampil di sebuah forum global, wajib memanfaatkannya untuk berbicara secara terbuka. Kesempatan itu berharga karena hanya diberikan waktu yang sangat terbatas.

“Artinya di forum-forum global menyampaikan pesan Indonesia untuk dunia. Selalu dalam kesempatan-kesempatan seperti itu ada protokolnya dan tidak mungkin diberikan kesempatan berbicara berjam-jam untuk menjelaskan, ada batasannya,” ujar Anies sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari mediaindonesia.com.

Sebelumnya, Prabowo menganggap Anies keliru ketika menyampaikan data soal anggaran pertahanan. Anies juga sempat menyindir kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan selama 5 tahun. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu meminta Prabowo menunjukkan hasil kerjanya sebagai Menhan. (*)

Editor : Aspani Yasland      

BACA JUGA  Prabowo Menyatakan Siap untuk Kembali Nyapres di 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button