NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A’raf Ayat 173  Keinginan Sebagian Manusia Berlepas Diri dari Tanggung Jawab

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-A’raf Ayat 173 berbunyi :

{ أَوۡ تَقُولُوۤا۟ إِنَّمَاۤ أَشۡرَكَ ءَابَاۤؤُنَا مِن قَبۡلُ وَكُنَّا ذُرِّیَّةࣰ مِّنۢ بَعۡدِهِمۡۖ أَفَتُهۡلِكُنَا بِمَا فَعَلَ ٱلۡمُبۡطِلُونَ }

Artinya :

Atau agar kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya nenek moyang kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami adalah keturunan yang (datang) setelah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang (dahulu) yang sesat?

Ayat ini adalah kelanjutan dari ayat sebelumnya di mana pada ayat sebelumnya Allah telah menyatakan bahwa perjanjian itu dibuat sejak ditiupkannya ruh kepada janin saat masih berada di dalam perut ibu masing-masing agar menjadi bantahan dari argumen mereka bahwa mereka tidak pernah mengetahui hal tersebut, lalu ayat ini merupakan bantahan juga atas hujjah mereka yang akan berkata bahwa nenek moyang mereka telah memutuskan perjanjian tersebut dan melakukan kemusyrikan. Dan kami hanya mengikuti apa yang telah dilakukan oleh nenek moyang kami tersebut.

Adakah Engkau Wahai Allah akan menghukum kami karena perbuatan mereka yang telah membatalkan amal baik mereka, Padahal kami hanya mengikuti mereka saja?

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani as-Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 96   Iman Menghadirkan Kesejahteraan dan Kekafiran Menghadirkan Kecelakaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button