PALEMBANGPARIWISATA

Jembatan Ponton di Pulau Kemaro Sudah Terpasang dan Bisa Dilalui

#Stand UMKM Mulai Terisi#

MAKLUMATNEWS.com, Palembang —  Panitia Cap Go Meh di Pulau Kemaro sudah memasang jembatan ponton dari 7 kapal tongkang yang disatukan dan disusun.

Dengan demikian wisatawan tinggal menyebrang dengan berjalan kaki dari pabrik ban Kalidoni menuju ke Pulau Kemaro.

Tak hanya itu, puluhan stand UMKM pun sudah mulai terisi dan ada beberapa pedagang yang berjualan.

“Hari ini jembatan ponton sudah terpasang dan sudah bisa dilalui wisatawan ataupun umat yang ingin beribadah ke kelenteng,” kata Tjik Harun, panitia Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Selasa (20/2/2024).

Dia menyebutkan ponton tersebut berfungsi sebagai penghubung antara daratan ke delta Pulau Kemaro.

Sehingga wisatawan yang mau datang ke Pulau Kemaro bisa memarkirkan kendaraannya di pabrik ban di Kalidoni dan cukup berjalan kaki melewati ponton ke Pulau Kemaro.

Meski persiapan sudah hampir rampung, namun pihaknya saat ini masih fokus pada perbaikan infrastruktur yang ada. Seperti, ada beberapa lantai keramik yang rusak sudah dalam tahap perbaikan.

“Sudah 90% lebih persiapan kita menyambut Cap Go Meh, karena jembatan ponton sudah terpasang.

Tinggal kita atur penataan di ponton itu, pasang tenda dan lampu, jadi secara tidak langsung sudah kita anggap sudah maksimal mendekati hari H Cap Go Meh,” katanya.

Foto : Detik.com

Kanopi

Perayaan Cap Go Meh tahun ini, kata Harun, masih sama seperti tahun sebelumnya.

Namun, untuk mengantisipasi hujan saat pelaksanaan perayaan Cap Go Meh, pihaknya sudah menyiapkan beberapa upaya.

“Namanya kan musim hujan, tapi yang jelas ada beberapa titik yang dipakai umat untuk beribadah sudah kita pasang kanopi agar tidak kehujanan, dan ada beberapa tenda sudah kita siapkan.

BACA JUGA  Berwisata Malam di Kota Surabaya, 10 Tempat Ini Wajib Anda Kunjungi 

Kita tidak bisa mengcover seluruh umat yang datang, sebab Pulau Kemaro ini cukup luas,” ucapnya.

Puncak perayaan Cap Go Meh sendiri, kata Harun, akan dilaksanakan pada 22 Februari 2024 malam.

“Puncaknya pada Kamis (22/2/2024) tengah malam, di sini umat (Tridharma) akan beribadah, dan dilanjutkan acara potong kambing pukul 00.00 WIB,” katanya.

Selain menyediakan jembatan penyeberangan, panitia juga sedang mempersiapkan kapal khusus yang gratis untuk wisatawan dari dermaga Kelenteng Serikat Pasar 16 Ilir Palembang.

Jumlah kapal yang disediakan masih dalam perencanaan, sesuai dengan sumbangan dari masyarakat Palembang.

“Kapalnya gratis. Jadi wisatawan yang dari Jembatan Ampera, bisa menuju ke dermaga di Kelenteng Serikat Pasar 16 Ilir,” kata dia.

 

Cukup Besar

Dalam perayaan tersebut, pihaknya menargetkan akan ada puluhan ribu wisatawan yang datang.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, euforia serta animo wisatawan cukup besar. Bukan hanya wisatawan domestik juga ada wisatawan mancanegara yang datang.

“Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak, baik Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, TNI dan Polri agar perayaan Cap Go Meh ini berjalan lancar,” kata dia.

Sepanjang perayaan Cap Go Meh nantinya, wisatawan akan dihibur dengan pertunjukan barongsai dan kesenian tradisional Tionghoa lainnya. Namun untuk wayang orang, kata Harun, ditiadakan tahun ini.

“Iya khusus wayang orang, wayang China, tidak ada tahun ini. Namun kami masih menyediakan pertunjukan menarik lainnya di lokasi nantinya,” jelasnya.

 

 

Sumber : Detik.sumbagsel

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button