PALEMBANG

Selaraskan Nilai-nilai Pancasila, Karutan David Rosehan Terima Kunjungan Deputi II BPIP RI

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel, David Rosehan, A.Md.IP.,SH menerima kunjungan kerja (kunker) Deputi II Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Dr. (Can) Kemas Akhmad Tajuddin, SH.,MH.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang ruang kerja Karutan Kelas I Palembang di Jalan Pemasyarakatan, Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada Rabu (28/02/2024).

Deputi II Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP, Dr. (Can) Kemas Akhmad Tajuddin, SH.,MH mengatakan pihaknya mendatangi Rutan Kelas I Palembang dalam rangka untuk menjelaskan misi BPIP terkait dengan internalisasi dan institusionalisasi nilai-nilai Pancasila.

“Dengan kegiatan yang kami lakukan tadi, saya berharap hubungan institusi antara BPIP dengan Rutan Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel, dapat terjalin silahturahmi dengan sebaik baiknya, dan akan berlanjut sampai kunjungan berikutnya dengan kerjasama yang seerat-eratnya,” ujar Kemas Akhmad Tajuddin saat ditemui sejumlah awak media di Rutan Kelas I Palembang.

Dikatakan Kemas, nilai-nilai Pancasila benar-benar dapat tercermin dalam setiap produk yang dihasilkan, dan semua peraturan perundang undangan harus ada rasa Pancasila di dalamnya.

Menurut Kemas, bahwa inilah salah satu upaya dari BPIP dalam rangka menjalin hubungan dengan semua lembaga baik yang di pusat maupun di daerah.

“Saya mengucapkan terimakasih dengan sambutan yang sangat ramah dan penuh kekeluargaan dari Rutan Kelas I Palembang.

Mudah-mudahan ini adalah indikator bahwa memang keberadaan BPIP di lingkungan Kemenkumham Sumsel, benar benar menjadi perhatian,” kata Deputi II BPIP RI.

 

Memperluas Wawasan 

Sementara Itu, Karutan Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel, David Rosehan, A.Md.IP.,SH mengatakan pihaknya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan kerja dan silaturahmi yang telah Bapak Deputi II BPIP RI lakukan ke Rutan Kelas I Palembang.

BACA JUGA  Demo Kenaikan Tarif PDAM Tirta Musi, Warga Ancam Tidak Bayar Tagihan Air

David menuturkan, kehadiran Kemas Akhmad Tajjudin tidak hanya memberikan pihaknya kehormatan, tapi juga motivasi yang besar dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai bagian dari sistem penegakan hukum di Indonesia.

“Kunjungan ini sangatlah berarti bagi kami, karena melalui momen ini kami mendapatkan kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi, serta memperluas wawasan dan pemahaman kami tentang pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, khususnya dalam pembinaan kepada warga binaan,” ujar Karutan David Rosehan.

David menyebut, tantangan dalam mengimplementasikan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dalam lembaga pemasyarakatan, memerlukan pemahaman yang mendalam dan komitmen yang kuat dari semua pihak.

“Oleh karena itu, kunjungan dan arahan dari Bapak Deputi II BPIP RI sangat kami hargai sebagai sumber ilmu dan inspirasi dalam menjalankan tugas kami.

Saya berharap, melalui kunjungan ini, dapat terjalin kerjasama yang lebih erat lagi antara Rutan Kelas I Palembang dengan BPIP RI,” ungkapnya.

Menurut Karutan David, pihaknya juga berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman dan praktik nilai-nilai Pancasila, baik di antara petugas Rutan maupun warga binaan, sebagai bagian dari upaya dalam mendukung program pemerintah dalam pembinaan ideologi Pancasila bagi seluruh lapisan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua I Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumsel, Dr. Junaidi, SE.,M.Si, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR) Rutan Kelas I Palembang, Ressy Setiawan, SE, dan Direktur PT Indo Group Intermedia (Media online nasional Indodaily.co), M. Reza Fajri, S.Psi.

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button