LIFESTYLE

Gaji Kecil Mau Nabung Emas, Begini Caranya 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Ingin punya tabungan emas tapi gaji dan penghasilan kecil, gimana caranya?

Tak usah bingung, kamu bisa menabung emas dengan 5 cara berikut ini.

Bisa dicoba.

Apa saja?

1. Mulai dari Sekarang

Walau keinginan untuk berinvestasi seringkali muncul, tetapi karena kebutuhan konsumtif lainnya, sebagian orang kerap menunda untuk memulainya.

Padahal dalam berinvestasi, waktu memegang peranan yang sangat penting. Semakin cepat dalam memulai investasi, maka semakin ringan pula perjalanan dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Tak hanya itu, berinvestasi sejak dini di usia muda juga memiliki risiko yang relatif lebih kecil karena tanggung jawab finansial yang masih lebih rendah.

2. Mengatur Alokasi Dana

Ketika sudah mengambil keputusan untuk berinvestasi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung pemasukan.

Setelah itu, periksa seluruh pengeluaran agar dapat memastikan jumlahnya tidak lebih besar daripada pendapatan.

Dengan begitu, alokasi dana untuk investasi juga bisa disiapkan tanpa mengganggu kebutuhan pokok sehari-hari.

Ketika ada biaya konsumtif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan keinginan semata, bisa ikut dialihkan dan ditambahkan sebagai modal investasi.

Masukkan alokasi dana investasi ke dalam pos pengeluaran rutin, sehingga langsung mengurangi penghasilan setiap bulannya.

3. Melakukan secara Rutin dan Konsisten

Bagi para investor pemula dengan modal minim, menabung emas digital bisa menjadi strategi tepat untuk berinvestasi karena dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Jumlah yang kecil tak menjadi masalah, selama investasi terus dilakukan secara teratur dan konsisten.

Jangan lupa menentukan waktu dan tujuan investasi, baik jangka pendek maupun panjang, seperti dana pendidikan anak atau dana pensiun di hari tua dengan rentang waktu menabung yang tentunya menjadi lebih panjang. Dengan memahami tujuan, investasi akan menjadi lebih terarah.

BACA JUGA  Kisah Masa Kecil Presiden Putin, Hidup dalam Kemiskinan hingga Kelaparan

4. Memanfaatkan Produk Emas Digital

Bagi investor pemula yang menginginkan kenyamanan dalam berinvestasi emas, menabung emas digital bisa menjadi instrumen investasi masa kini untuk masa depan.

Dengan dukungan layanan digital banking yang praktis, cerdas, dan aman, investasi dapat dilakukan dengan mudah hanya dalam satu genggaman.

5. Memantau dan Membandingkan Harga

Terakhir, penting bagi investor untuk mengamati perkembangan harga emas secara berkala.

Dengan adanya produk tabungan emas digital, masyarakat memiliki kemudahan dalam memantau dan membandingkan pergerakan harga jual dan beli emas yang kompetitif dengan informasi secara real-time.

Tak hanya itu, para investor juga dapat melakukan transaksi dengan menabung emas digital di manapun.

Yang juga perlu diingat, perhatikan momentum saat berinvestasi, yaitu membeli ketika harga sedang rendah dan menjual ketika harga sedang naik. (Kompas.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button