PAGARALAM

Walikota Pagar Alam Dianugerahi Gelar “Rajo Alam Nan Batuah”

MAKLUMATNEWS. com – Pagaralam – Walikota Pagar Alam menerima Gelar Minangkabau “Rajo Alam Nan Batuah”, gelar tersebut diberikan dikarenakan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni dinilai sebagai sosok pemimpin yang bijaksana.

Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni menerima Gelar Kehormatan masyarakat Minangkabau “Rajo Alam Nan Batuah” dari Badan Musyawarah Keluarga Minangkabau (BMKM) Kota Pagar Alam.

Pemberian gelar “Rajo Alam Nan Batuah ” kepada Walikota Pagar Alam ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Kemarin 23 Juni 2023 membuka kegiatan Festival Tambur Tahun 2023.

Pemberian gelar yang bermakna pemimpin Pagar Alam yang bijaksana tersebut merupakan salah satu tradisi turun-temurun pada suku Minangkabau.

Hal tersebut merupakan gelar sangsako atau gelar penghormatan, serta sebagai pengikat hubungan baik antara suku Minangkabau dengan penerima gelar.

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni mengucapkan terima kasih kepada BMKM Kota Pagar Alam yang telah memberikan gelar kehormatan tersebut.

Ia menuturkan bahwa dirinya pun tidak pernah berpikir akan mendapatkan gelar suku Minangkabau tersebut.

“Pemberian gelar ini tentunya akan menginspirasi saya dan untuk kemajuan kita bersama, masyarakat Kota Pagar Alam,” tutur dia, 24 Juni 2023.

Walikota Alpian Maskoni menerima gelar ini saat membuka Festival Tambur Tahun 2023, yang akan diikuti oleh 18 tim dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Pagar Alam Ke-22.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Alpian Maskoni mengapresiasi dan menyambut baik festival tambur 2023.

“Karena sama-sama kita ketahui bersama bahwa, Kota Pagar Alam merupakan Kota tujuan wisata di Sumsel, sehingga dengan adanya festival ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mendatangkan wisatawan ke Kota Pagar Alam,” pungkasnya. ***

BACA JUGA  Isi Kuliah Umum Di ITBis Lembah Dempo Pagaralam Lanyalla Matalitti Sampaikan Ini

Reporter : Lian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button