PALEMBANG

Cari Uang Tambahan,  IRT di Palembang Jual Pernak-Pernik Kemerdekaan

MAKLUMATNEWS.com, Palembang, Menjelang hari kemerdekaan Indonesia ke-77 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, menjadi berkah tersendiri yang selalu disyukuri oleh sebagian warga Palembang.

Setiap setahun sekali, mereka sengaja membuka lapak berjualan bendera merah putih dan umbul-umbul di sepanjang jalan protokol untuk mencari penghasilan tambahan. Seperti di Jalan Merdeka, POM IX, Angkatan 45, KM 5 dan titik lainnya.

Tak terkecuali Yasima, warga Sido Ing Lautan/ Tangga Buntung. Dia menjual bendera mulai dari yang harganya Rp15.000 sampai Rp650 ribu untuk ukuran 10 meter.

“Lumayan sehari bisa dapet Rp150 ribu, itu kalau ada yang beli, apalagi kalau yang ukuran besar dibeli dapatnya lebih banyak, kalau sepi ya tidak dapat apa-apa,” katanya, Rabu (3/8/2022).

Para pedagang bendera dadakan ini biasanya menjual bendera mulai akhir Juli sampai hari H 17-an. Menurutnya walaupun singkat tetapi patut disyukuri karena bisa menambah penghasilan yang sehari-hari sebagai penjualan sarapan pagi.

“Biasanya yang beli banyak itu dari instansi untuk menghias kantor, bisa satu lusin sekali beli,” katanya.

Salah seorang pedagang lainnya di POM IX, Ali mengatakan, berjualan bendera kebangsaan sebagai wujud menjadi warga Indonesia yang bangga atas perjuangan para pahlawan.

Karena setiap tahun, masyarakat pasti ada saja yang beli bendera. Maka perannya sebagai pedagang bendera pun sangat dibanggakan.

“Jadi yang jual bendera juga selalu jadi bagian penting dari orang-orang yang bangga dengan hari kemerdekaan,” katanya.

Reporter : Pitria

BACA JUGA  Diduga Mengantuk, Pengemudi Truk Fuso Hantam Truk Tangki, 1 Orang Luka-luka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button