HUKUM

Kapolri Jenderal Listyo : Kita Sudah Kantongi Anggota yang Hilangkan Bukti Tewasnya Brigadir J

MAKLUMATNEWS.com – Isu adanya penghilangan barang bukti dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J akhirnya dibenarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bahkan, Tribarata (TB) 1 itu mengaku telah mengantongi sosok pelaku yang merupakan anggotanya sendiri. “Nanti akan diputuskan. Yang jelas pemeriksaan masih berlanjut. Namun, demikian hal itu sudah kita dapatkan siapa yang melakukan, siapa yang mengambil, siapa yang menyimpan, semuanya nanti akan kita buka pada saat prosesnya tuntas,” kata Listyo, Jumat, 5 Agustus 2022 sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari MediaIndonesia.com.

Namun, Listyo belum mau membeberkan secara gamblang anggotanya mengambil saja atau juga melakukan perusakan barang bukti. Khususnya, kamera CCTV yang berada di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo wilayah Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

“Yang jelas kita tentunya akan mengambil langkah-langkah secara cepat seperti yang tadi disampaikan malam ini ada empat orang yang kita tempatkan di tempat khusus selama 30 hari dan sisanya akan kita proses sesuai dengan keputusan dari timsus apakah masuk pidana atau masuk etik,” ungkap jenderal bintang empat itu.

Listyo juga belum mengungkap penghilangan barang bukti itu atas inisiatif sendiri atau ada anggota lain yang menyuruh. Mantan Kapolda Banten itu mengatakan masih melakukan pendalaman.

“Tentunya ini sedang kita kembangkan apakah ada yang menyuruh atau inisiatif sendiri. Yang jelas proses sedang berlangsung,” ujar dia.

Listyo mengungkap ada 25 personel polisi diperiksa inspektorat khusus (Irsus) bentukannya buntut diduga menghilangkan barang bukti tewasnya Brigadir J di tempat kejadian perkara (TKP).

Bahkan, tiga di antaranya berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) atau perwira tinggi (pati) bintang satu. Kemudian, ada juga lima Kombes, tiga AKBP, dua Kompol, tujuh Panma, dan lima Bintara serta tamtama.  Puluhan personel polisi yang diperiksa itu dari berbagai satuan. Yakni Divisi Propam, Polres Jakarta Selatan, Bareskrim dan Polda Metro Jaya. (*)

BACA JUGA  Geledah Rumah SYL di Makassar, KPK Amankan Koper dan Mobil Audi Jenis A6 Berwarna Hitam 

Editor : Aspani Yasland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button