NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 69 Iman yang Benar Akan Menghilangkan Rasa Takut dan Sedih

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 69 berbunyi :

{ إِنَّ ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِینَ هَادُوا۟ وَٱلصَّـٰبِـُٔونَ وَٱلنَّصَـٰرَىٰ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡیَوۡمِ ٱلۡـَٔاخِرِ وَعَمِلَ صَـٰلِحࣰا فَلَا خَوۡفٌ عَلَیۡهِمۡ وَلَا هُمۡ یَحۡزَنُونَ }

Artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, Ṣābi’īn, dan orang-orang Nasrani, barang siapa beriman kepada Allah, kepada hari kemudian dan berbuat kebajikan, maka tidak ada rasa khawatir padanya dan mereka tidak bersedih hati.

Pada ayat ini Allah SWT menjelaskan bahwa orang-orang mukmin, yaitu pengikut Nabi Muhammad SAW, dan orang-orang Yahudi, pengikut nabi Musa as, dan Nasrani yaitu pengikut Nabi Isa as serta Shabi’in, Mujahid berkata, yaitu kelompok antara Nasrani dan Majusi yang tidak memiliki agama. Wahb bin Munabbih berkata: yaitu kelompok orang yang memgenal Allah, namun tidak memiliki syariat yang mereka ikuti dan juga tidak menyekutukan Allah swt.

Yaitu mereka yang hidup pada masanya, beriman kepada rasul yang diutus, dan pada saat kehadiran nabi Muhammad SAW mereka beriman dengan benar kepada Allah Swt, beriman kepada Rasulullah SAW, dan beriman atas adanya hari akhirat, yaitu hari pertanggung jawaban pahala dan dosa dan melakukan kemaslahatan.

Ini semua tidak akan terwujud kecuali seiring dengan syariat yang dibawa Nabi Muhammad SAW, maka Allah SWT anugerahkan kepada mereka rasa aman, sehingga tidak merasa takut kepada siapapun kecuali kepada Allah SWT. Hal itu disebabkan keimanan yang mengakar, dan keyakinan kepada Allah sebagai pencipta, penjaga, pemelihara dan penguasa tunggal.

Kemudian merekapun dianugerahi rasa tenteram sehingga tidak merasa sedih atas segala kehilangan, karena ia meyakini bahwa dibalik setiap kehilangan maka Allah SWT telah siapkan pengganti yang lebih baik.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An'am Ayat 122   Tidaklah Sama Orang-Orang yang Hatinya Hidup dan Hatinya Mati

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button