LIFESTYLE

Berikut Penyebab dan Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Harus Diketahui

MAKLUMATNEWS.com – Pernahkah Anda mengalami asam lambung yang naik tinggi? Perih, mual, hingga sakit tenggorokan menjadi ciri-ciri umum asam lambung naik tinggi. Namun, ada beberapa ciri lain yang jarang disadari. Mengetahui ciri dan penyebab asam lambung penting untuk melakukan cara pencegahan yang tepat.

Rasa asam di lidah menjadi salah satu ciri utama yang dirasakan oleh penderita penyakit ini. Bahkan, sebagian orang merasakan sensasi terbakar di area dada dan perut saat asam lambung naik tinggi. Anda perlu peka terhadap ciri-ciri asam lambung agar bisa segera mengatasinya dan tidak menimbulkan penyakit yang lebih parah. beberapa penyebab asam lambung naik seperti berikut:

  • Obesitas
  • Banyak tekanan pada perut pada ibu hamil
  • Berusia lanjut (lansia)
  • Mengalami gastroparesis, yakni melemahnya otot dinding lambung sehingga pengosongan lambung melambat
  • Scleroderma alias penyakit yang menyerang jaringan ikat
  • Jenis makanan tertentu, misalnya, susu, makanan pedas atau gorengan, dan kebiasaan makan yang salah
  • Obat-obatan tertentu, seperti obat asma, tekanan darah tinggi dan alergi, serta obat penghilang rasa sakit, obat penenang, dan antidepresan.

Berikut ini ciri-ciri  asam lambung mulai naik yang harus kalian ketahui:

1. Heartburn atau Rasa Panas di Dada

Ciri-ciri asam lambung naik yang paling umum adalah heartburn alias rasa panas di dada. Sensasi panas atau terbakar ini terjadi pada dada bagian tengah, bahkan bisa menyebar dari perut hingga ke leher atau punggung.

Selain panas, ada juga sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Heartburn umumnya terjadi setelah makan, berbaring, dan saat membungkuk. Ketika asam lambung naik, jaringan yang ada di sepanjang kerongkongan atau esofagus bisa mengalami iritasi akibat paparan cairan asam ini.

BACA JUGA  Muslim RI Diincar untuk Siap Menikmati Wisata Halal

2. Rasa Mual

Ketika asam lambung naik, ada ciri lain yang mengiringi yakni rasa mual bahkan hingga ingin muntah. Bagi beberapa orang, asam lambung naik bahkan bisa sampai memuntahkan cairan bening atau kuning yang terasa amat pahit. Rasa mual tersebut terjadi akibat timbulnya nyeri hebat pada lambung dan ulu hati.

3. Sakit Tenggorokan

Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Penderita yang terlalu sering mengalami GERD bakal menunjukkan kondisi di mana dinding tenggorokan berwarna merah. Beberapa gejala lain yang timbul akibat asam lambung naik adalah radang atau sakit tenggorokan, yakni berupa suara serak dan ada sensasi benjolan pada tenggorokan.

4. Perut Kembung

Makanan yang sudah mengendap pada sistem pencernaan dan tidak langsung tercerna bakal mengakibatkan produksi gas yang terus meningkat. Ini disebut dengan acid reflux yang menimbulkan rasa perut kembung setelah makan. Jika sering dibiarkan bakal menimbulkan ciri-ciri asam lambung naik lain yang berbahaya.

5. Sendawa

Perut yang terasa penuh bakal mengeluarkan gas dalam bentuk sendawa. Perut kembung dan sendawa juga bisa berkaitan dengan peradangan pada lapisan lambung yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori yang bertanggung jawab atas beberapa kasus tukak lambung.

6. Napas Bau

Anda mungkin sudah rutin menyikat gigi dan membersihkan mulut, tapi ternyata masih memiliki bau mulut. Jika ini terjadi, bisa jadi pertanda asam lambung yang naik. Bau mulut akibat asam lambung naik terjadi karena adanya pergerakan isi lambung ke kerongkongan.

Selain itu, napas bau juga bisa disebabkan akibat cara mengunyah makanan yang tidak sempurna. Hal itu membuat makanan bakal membusuk di dalam lambung dan menyebabkan napas yang tidak sedap.

BACA JUGA  Tak Usah Panik, Ini 4 Cara Mengatasi Anak yang Cengeng dan Rewel

7. Rasa Asam di Mulut

Asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan bisa menimbulkan gejala rasa asam pada daerah mulut. Selain itu, rasa asam di mulut akibat asam lambung naik juga bisa dibarengi dengan rasa panas seperti sensasi terbakar pada tenggorokan.

 

Sumber : Cnbcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button