NASIONAL

Presiden Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

MAKLUMATNEWS.com, jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja (JTSB) pada hari ini, Selasa (20/9/2022). “Dengan mengucap bismillah, Saya resmikan JTCC dan JTSB seksi 1 yang segera bisa kita selesaikan,” katanya di Bekasi, Selasa (20/9/2022).

Jalan Tol Serpong- Balaraja yang diresmikan adalah sepanjang 5,1 km.
“Untuk Tol Serpong-Balaraja seksi 1 ini adalah bagian dari JORR Jakarta outer ring road yang ketiga ini awal sehingga nanti JORR kedua, JORR ketiga selesai dari barat ke timur, dari timur ke barat tidak usah melalui tengah Jakarta,” kata Jokowi

“Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta,” imbuhnya.
Selain meresmikan Tol Serpong – Balaraja,

Ia menambahkan dengan JORR itu, mobilitas barang akan semakin cepat dan mampu memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor.

Pembangunan JTCC dimulai sejak 2017. Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, yang akan memperlancar akses logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan industri di timur Jakarta dan sebaliknya. Jalan tol JTCC sepanjang 34,7 km ini terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih, Seksi 2 Telaga Asih-Gabus, Seksi 3 Gabus Tarumajaya dan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing. Seksi 1 telah beroperasi pada 31 Juli 2021 yang lalu. Seksi 2 dan seksi 3 akan segera dioperasikan paska peresmian ini, sedangkan seksi 4 masih dalam tahap penyelesaian, dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada akhir 2022. Jalan tol JTCC ini memakan biaya investasi sebesar Rp12,91 triliun dan biaya konstruksi mencapai Rp7,48 triliun.

BACA JUGA  Rehat Sejenak di Museum dan Galeri Seni SBY-Ani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button