NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 2 Asal Penciptaan Manusia

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 2 berbunyi :

{ هُوَ ٱلَّذِی خَلَقَكُم مِّن طِینࣲ ثُمَّ قَضَىٰۤ أَجَلࣰاۖ وَأَجَلࣱ مُّسَمًّى عِندَهُۥۖ ثُمَّ أَنتُمۡ تَمۡتَرُونَ }

Artinya :

Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian Dia menetapkan ajal (kematianmu), dan batas waktu tertentu yang hanya diketahui oleh-Nya. Namun demikian kamu masih meragukannya.

Pada ayat ini Allah menjelaskan asal mula penciptaan manusia yaitu Adam berasal dari tanah, lalu Allah tetapkan masa manusia akan hidup di muka bumi, baik secara individu yaitu kematiannya maupun secara global yaitu kehancuran dunia.

Kesempatan hidup di muka bumi ini adalah waktu untuk menikmati fasilitas yang Allah siapkan dan juga waktu untuk melalui ujian dan cobaan Allah swt, dengan melalui cobaan itu maka akan tampak siapakah diantara manusia itu yang mempersembahkan perbuatan yang terbaik dan sebaliknya.

Dan setelah itu Allah tetapkan waktu yang sudah pasti, yaitu kehidupanmu setelah di dunia untuk mempertanggungjawabkan seluruh yang telah engkau lakukan selama hidup. Perbuatan baikmu akan mendapatkan pahala dan perbuatan burukmu akan menghadirkan dosa.

Namun tetap saja di antara kalian ada yang meragukan janji dan ancaman itu padahal janji dan ancaman itu sesuatu yang pasti terjadi dan telah didahului dengan contoh-contoh yang nyata selama di dunia.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An'am Ayat 144  Apa Alasan Kalian Orang Musyrik Mengharamkan Sebagian Binatang dan Menghalalkan Jenis yang Lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button