EKONOMISUMSEL

Harus Terjalin Kemitraan yang Kuat Berbasis Korporasi Petani di Sentra Kawasan Kelapa Sawit Nasional

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Indonesian Palm Oil Smallholders Conference (IPOSC) & Expo ke II 2022, dengan tema “Tantangan dan Peluang Petani Sawit Menggapai Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan” digelar Petani Kelapa Sawit  Jaya Indonesia (POPSI), bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (29/11/2022).

Turut hadir DPR RI Komisi IV Riezky ApriliaDeputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisinis Kemenko Perekonomian Rl, Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T, Pembina POPSI Ir. Gamal Nasir, MS.

Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya mengatakan, acara ini sangat penting dalam memberi peluang kepada para petani terkait informasi guna membantu meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan.

Yang lebih penting dimana pengetahuan tersebut dapat menyeimbangkan antara harga sawit dengan penyediaan pupuk.

“Saya berharap melalui acara ini dapat menjadi inisiatif komitmen yang berkelanjutan tentang bagaimana memaknai kolaborasi antara stakeholder kelapa sawit di pusat dan daerah untuk pembangunan kelapa sawit nasional ke depan.

Utamanya dalam menjalin kemitraan yang kuat berbasis korporasi petani di sentra- sentra kawasan Kelapa Sawit Nasional,” ujarnya.

Mawardi menuturkan, tantangan pengembangan kelapa sawit nasional kedepan tidak hanya persoalan produktivitas kelapa sawit rakyat tetapi bagaimana menjamin benih-benih yang unggul, berkualitas dan bersertifikat serta menjaga konsistensi dalam hal kuantitas, kualitas dan kontinuitas.

Sementara itu, Ketua POPSI Pahala Sibuea menuturkan, IPOSC kedua digelar untuk lebih mempererat antara petani dengan perusahaan.

Hal ini karena di dalam IPOSC turut hadir perusahaan atau industri untuk berbagi pengalaman dan edukasi kepada petani.

“Kami ingin agar petani dapat naik kelas melalui pola kemitraan  tema Tantangan dan Peluang Petani Sawit Menggapai Perkebunan Sawit Berkelanjutan,” tandasnya.

 

BACA JUGA  Isra Miraj di Desa Pengarayan, OKI, Gubernur Herman Deru Tiba-Tiba Gendong Bayi  

 

Reorter :  Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button