LIFESTYLE

Tips Memilih Cat Dinding yang Tepat Agar Terasa Lebih Nyaman dan Terkesan Luas

MAKLUMATNEWS.com — Pemilihan warna cat tembok yang tepat tidak sekadar membuat hunian terlihat lebih cantik dan menarik saja. Namun dapat juga membuat rumah minimalis terasa lebih nyaman dan terkesan luas. Masalahnya, memilih warna cat rumah jauh lebih rumit dari yang kita bayangkan.

Pasalnya, salah memilih warna cat tembok membuat rumah minimalis terlihat norak dan berlebihan. Sebaliknya, bermain aman dengan warna-warna netral menyebabkan hunian tampak membosankan.

Anda harus hati-hati karena pemilihan warna yang salah dapat membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan.
Berikut tips memilih warna cat tembok rumah agar hunian terasa lebih luas dan :

1. Sesuaikan dengan suasana yang akan dibangun
Mengutip Mydomaine, langkah awal menentukan warna yang tepat untuk ruangan dalam rumah adalah menyesuaikan suasana apa yang Anda akan bangun. Bila Anda menginginkan suasana yang tenteram dan damai, maka pilihlah warna muda yang kalem.

Sebaliknya, bila Anda menginginkan suasana yang energik atau semangat, maka Anda bisa memilih warna yang tegas dan lebih tua.

2. Cocokkan dengan furnitur
Dalam membangun rumah, Anda tidak hanya memikirkan cat tembok melainkan juga konsep furnitur secara keseluruhan. Usahakan untuk memiliki konsep furnitur yang sama dengan warna cat tembok agar terlihat selaras.

Hal yang terjadi bila keduanya memiliki warna yang bertolak belakang adalah menjadi tampak aneh dan tabrakan.

3. Perhatikan kondisi pencahayaan rumah
Merujuk Architecturaldigest, ukuran ruangan dan pencahayaan dalam ruangan juga harus diperhatikan saat memiliki warna tembok. Hal ini karena pencahayaan sangat berpengaruh pada performa warna di setiap ruangan.

Bila ruangan Anda memiliki warna yang terang tetapi pencahayaannya gelap, maka tidak akan bagus bagi ruangan. Ketepatan dalam mengatur pencahayaan di awal sangatlah diperlukan agar pemilihan warna cat tembok menjadi lebih mudah.

  1. Hindari warna jenuh
    Salah satu cara memilih warna cat tembok ruangan yang harus dihindari adalah memilih warna jenuh. Kuning, pink, hijau, dan orange adalah bagian dari warna jenuh yang perlu dihindari.

    Hal ini karena warna-warna tersebut memiliki tingkat kecerahan yang terlalu tinggi, sehingga kurang cocok untuk digunakan di dalam ruangan.

    5. Pilih warna aesthetic
    Melansir Homestolove, warna-warna aesthetic bisa dijadikan referensi cat tembok ruangan. Selain karena warna ini memiliki kesan yang bersih dan rapi, warna aesthetic juga memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas.

    Konsep aesthetic saat ini banyak digunakan saat ini, karena desainnya memberikan kesan mewah dan modern untuk tampilan rumah keseluruhan.

    6. Kombinasikan warna

    Tidak hanya menggunakan satu warna, kombinasi dari dua sampai tiga warna dalam satu ruangan juga bisa menjadi rekomendasi yang bagus.

    Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah warna apa yang akan Anda kombinasikan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan arsitek atau home designer Anda tentang hal ini. Agar hasilnya memuaskan dan sesuai keinginan.

BACA JUGA  Tradisi Nyawak Pada Masyarakat Komuring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button