RSI AR-RASYID

Tingkatkan ‘Pelayananku Ibadahku’, RSI Ar Rasyid Raih Akreditasi Paripurna Bintang Lima

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Akreditasi rumah sakit merupakan sebuah proses penilaian dan penetapan kelayakan rumah sakit berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh lembaga independen akreditasi Kementerian Kesehatan.

Tujuh tahun Rumah Sakit Islam Ar Rasyid Palembang berdiri, kini berhasil meraih Akreditasi Rumah Sakit dengan nilai Paripurna Bintang Lima.

Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.

Rumah Sakit Islam Ar Rasyid merupakan salah satu Rumah Sakit Islam yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam mengekspresikan rasa syukur, RSI Ar Rasyid menggelar Tarhib Ramadan dan Syukuran Akreditasi bersama keluarga besar RSI Ar Rasyid bertepatan 24 Sya’ban 1444 Hjiriah.

Kegiatan ini di hadiri segenap keluarga besar RSI Ar Rasyid, Tarhib Ramadan diisi dengan ceramah agama oleh Prof. Yuwono membahas ‘Jika ini Ramadan terakhirku’.

Direktur RSI Ar Rasyid dr Toni Siguntang menyampaikan Paripurna adalah satu standar dimana pelayanan kesehatan di rumah sakit sudah sempurna. Standar kita memiliki 15 item dan dinilai sudah memenuhi syarat.

Dengan mendapatkan predikat ini, ke depannya tentu kita akan menjaga kepercayaan yang telah diberikan dan akan mengaplikasikan di lapangan seutuhnya untuk mutu pelayanan dan keselamatan terhadap pasien.

“Pada ujungnya adalah mutu pelayanan kita pada pasien. Kita akan awasi pengaplikasian di lapangan secara terus menerus,”ujarnya, Kamis (16/3/23).

Sejak tahun 2015 berdirinya RSI Ar Rasyid, banyak lika liku yang menghampiri.

Semangat juang dan kerja keras bersama para karyawan, struktural organisasi, dokter dan Yayasan menghasilkan rumah sakit terus berkembang.

“Meskipun pada saat pandemi tahun 2020 sempat melandai, akan tetapi berkat pertolongan Allah dan kerja keras bersama, rumah sakit kita dapat survive sehingga di tahun 2023 ini kita dapatkan predikat paripurna,”katanya.

BACA JUGA  Milad Ke-8, RS Islam Ar Rasyid Hadir Memberikan Pelayanan Kesehatan Terbaik Untuk Masyarakat. 

Dalam kata sambutannya pula, kami berterima kasih kepada ketua yayasan yang telah bersama-sama untuk membangun rumah sakit dakwah ini.

“Dan kita merasa bersyukur dan bahagia. Kita harus tingkatkan terus juga fokus ke depannya dan apa yang dicapai ini dipertahankan,”katanya.

Ada beberapa fokus yang akan terus dikembangkan dan ditingkatkan ke depannya.

Fokus pertama mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Agar orang-orang yang berada di rumah sakit ini merupakan orang yang profesional dan berilmu.

“Sehingga SDM kita memberikan pelayanan dengan rasa tulus dan ikhlas semata karena Allah dan cerdas dalam ilmunya juga bertanggung jawab.

Masyarakat yang mendapatkan pelayanan akan puas dan senang, karena banyak masyarakat yang memuji pelayanan kita,” ujarnya.

Fokus kedua yaitu meningkatkan lagi fasilitas rumah sakit. Baik dalam bentuk fisik dan alat kesehatan. Ini juga merupakan salah satu mutu peningkatan pelayanan kita.

“Mungkin ke depannya kita akan menambah beberapa poli, dan fasilitas unggulan kita Orthopedi (terapi nyeri), polo mata, medical check up dan fasilitas OK (kamar operasi),”katanya.

Fokus Ketiga kita agar lebih efesiensi, pengeluaran akan kita kontrol. Dengan efesiensi maka kesejahteraan rumah sakit akan kita raih.

Efesiensi tidak hanya tanggung jawab Yayasan tetapi akan menjadi tanggung jawab supervisior juga untuk mengontrol.

“Jadikan rumah sakit ini menjadi ladang dakwah dimana kita menjalankan tugas kita ini berdasarkan moto rumah sakit yaitu pelayananku ibadahku,”katanya.

Karena pelayanan yang diberikan dengan hati maka akan direspon dengan bahagia oleh pasien, dan itulah salah satu dakwah kita yang dihasilkan dari perbuatan.

Sementara itu, Ketua Yayasan RSI Ar Rasyid H. Djuliar Rasyid mengucapkan rasa syukur atas pencapaian akreditasi paripurna yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT.

BACA JUGA  Pasca Covid 19, Masyarakat Diimbau Jaga Kesehatan dan Tetap Optimis

“Hari ini bisa digapai berkat kerjasama semua tim, seperti istilah satu ikat sapu lidi, bersatu agar dapat menjadi sapu,”katanya.

Ia juga berpesan, dalam menyambut bulan ramadan ini semoga kita diberikan keberkahan dan keselamatan.

Di tempat yang sama, Ketua Akreditasi dr Sylvia Pratiwi dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam pelaksanaan akreditasi rumah sakit.

Hasil yang didapatkan ini tidak lain karena pentingnya persiapan yang dilakukan secara maksimal, pentingnya kerjasama tim, dan tak lupa semua berkat pertolongan Allah Subhana wata’alla.

“Terus melakukan perbaikan terus menerus, selalu mempelajari setiap kesalahan ke depannya.

Paripurna harus dimulai dari diri kita masing masing sehingga nanti terwujudlah pelayanan rumah sakit paripurna dengan pelayanan bermutu dan menjaga keselamatan pasien,”katanya.

 

 

Reporter :  Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button