CAHAYA RAMADAN

1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Meski di Kota Palembang tak terlihat hilai, tapi ditetapkan besok kita mulai berpuasa.

Pemerintah menetapkan awal bulan Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada 23 Maret 2023.

Penetapan itu berdasarkan hasil pemantauan di 124 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

“Bahwa 1 Ramadan 1444 hijirah, jatuh pada hari Kamis Tanggal 23 Maret 2023 masehi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat jumpa pers di Kemenag, Rabu (22/3).

“Seluruh umat Islam dapat menjalani ibadah puasa ramadan bersama-sama,” tambahnya.

Yaqut menambahkan, Kementerian Agama dalam menetapkan bulan ramadan menggunakan mekanisme sidang isbat dengan bermusyawarah dengan pakar astronomi, wakil rakyat, ormas Islam, Majelis Ulama Indonesia dan pihak terkait.

“Dasar musyawarah ini adalah hasil hisab dan rukyat yang telah ditetapkan tim hisab rukyat Kementerian Agama serta dikonfirmasi oleh sejumlah petugas di 124 titik,” ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriyah, di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta, Rabu (23/3).

Sidang Isbat diikuti oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), BMKG, duta besar negara-negara luar negeri, hingga ormas Islam.

Sidang Isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Rangkaian sidang isbat dimulai dengan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Pemaparan dilakukan oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan sidang isbat penentu 1 Ramadan yang dimulai pukul 18.15 WIB. (*/Merdeka.com)

 

 

 

 

 

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Gelar Semarak Ramadan Berbagi Bersama Anak Yatim

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button