NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An’am Ayat 165   Allah Menjadikan Kalian sebagai Khalifah di Muka Bumi

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 165 berbunyi :

{ وَهُوَ ٱلَّذِی جَعَلَكُمۡ خَلَـٰۤىِٕفَ ٱلۡأَرۡضِ وَرَفَعَ بَعۡضَكُمۡ فَوۡقَ بَعۡضࣲ دَرَجَـٰتࣲ لِّیَبۡلُوَكُمۡ فِی مَاۤ ءَاتَىٰكُمۡۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِیعُ ٱلۡعِقَابِ وَإِنَّهُۥ لَغَفُورࣱ رَّحِیمُۢ }

Artinya :

Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu diatas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Pada ayat ini Allah menutup Surah Al An’am dengan pernyataan bahwa Dialah yang menjadikan kalian sebagai khalifah di muka bumi.

Kata Khalifah yang berasal dari kata khalfun memiliki beberapa makna, diantaranya pundak, yang berarti memikul beban. Juga berarti belakang yang berarti mengganti yang di depannya.

Demikianlah Allah jadikan kalian Khalifah sebagai pengganti Khalifah sebelum kalian untuk memikul tanggung jawab yang demikian beratnya yaitu mengimplementasikan hukum Allah di bumi Allah.

Karenanya Allah jadikan sebagian kalian memiliki derajat yang lebih tinggi dari yang lain, baik disebabkan rizki, kesehatan, kekuatan, bentuk fisik maupun akhlak dan kepribadian yang berbeda. Perbedaan itu berimplikasi pada perbedaan tingkat ketakwaan dan kepatuhan kepada Allah sebagai ujian dan cobaan bagi manusia.

Sungguh Allah maha cepat azab-Nya bagi orang-orang yang menentang dan membangkang kepada-Nya.

Dan Allah maha pengampun bagi hamba-hambaNya yang datang dan bertobat dari kesalahan dan kehilangannya, dan maha pengasih kepada seluruh hamba-hambaNya.

Tampak sangat indah korelasi awal Surah Al-An’am dan akhir Surah al-An’am ini.

Di awal surah Allah menyatakan kemuliaan-Nya sebagai pencipta langit dan bumi, serta kasih sayang-Nya menghadirkan gelap dan terang dan kedudukan orang-orang kafir yang tetap saja membangkang dan menyekutukan-Nya, maka pada akhir surah ini Allah tutup dengan pernyataan bahwa sesungguhnya Allah menjadikan kalian sebagai khalifah untuk mengurusi alam yang Allah ciptakan ini sesuai petunjuk-Nya, dan bagi mereka yang tetap ingkar dan kafir akan mendapatkan azab yang segera tiba, lalu bagi mereka yang bertobat maka akan dibukakan pintu maaf dan ampunan seluas-luasnya.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 36 Azab Tidak Bisa Ditukar Dengan Harta Benda

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button