PENDIDIKAN

Peringati Hardiknas Tahun 2024, Momen Introspeksi Diri Bagi Semua Pihak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Kamis 2 Mei 2024.

Hadir dalam upacara tersebut Sekda Provinsi Sumsel Ir. SA Supriono, pejabat ASN di lingkungan Pemprov Sumsel, guru dan siswa – siswi SMA Se Kota Palembang.

Sekda Provinsi Sumsel selaku Inspektur Upacara membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Ir.SA.Supriono mengatakan bahwa lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan Kemendikbudristek dalam memimpin gerakan Merdeka Belajar, yang memiliki banyak tantangan untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M., M.Pd. melalui PLH Drs H Sutoko MSi mengatakan, Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024 menjadi momen dunia pendidikan dalam menjalankan merdeka belajar khususnya pendidikan SMA, SMK dan SLB di Sumsel dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah dengan ini semua lebih baik lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut Sutoko menjelaskan, telah banyak hal yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas guru, di antaranya kegiatan pelatihan bekerja sama berkolaborasi dengan LPMP yang muaranya adalah peningkatan profesionalisme guru SMA, SMK dan SLB di Sumsel.

“Kemudian tetap menjalankan secara berkelanjutan agar merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tetap bisa dilanjutkan di masa yang akan datang,” katanya.

Pada momen Hardiknas ini, sambung Sutoko, diharapkan semua pihak semua introspeksi diri, bahwa untuk memajukan dunia pendidikan ini adalah tugas bersama seluruh pihak. Tugas pertama unsur pemerintah, kemudian unsur masyarakat dan unsur guru dan orang tua murid.

BACA JUGA  Komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel Terima Keluhan Ratusan Guru Honor P3 yang tak Bisa Ikut Pendaftaran P3K

“Mari kita semua introspeksi, membawa bersama-sama meningkatkan mengawal merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia,” bebernya.

Ketika ditanya awak media terkait peningkatan kesejahteraan perekonomian guru, Sutoko menuturkan, bagi guru yang perekonomiannya kurang, itu adalah dinamika guru dan menjadi tantangan bersama.

“Pemerintah tetap berkomitmen sesuai kemampuan anggaran tetap ingin mensejahterakan guru di Sumsel,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala MKKS SMA Negeri Kota Palembang Rozali SPd MPd bersyukur ditunjuk langsung menjadi komandan upacara untuk ikut berpartisipasi dalam rangka Hardiknas pada 2 Mei 2024.

“Disini ada beberapa kawan-kawan dari kepala sekolah juga ikut andil dalam kegiatan ini, mulai dari persiapan kami didukung Disdik Sumsel. Mudah-mudahan kegiatan ini tetap berkesinambungan di Palembang pada khususnya dan Sumsel pada umumnya. Mudah-mudahan kegiatan ini ke depan semakin meriah daripada tahun ini,” bebernya.

Rozali mengugkapkan, pada momen Hardiknas ini kepada guru dan siswa mudah-mudahan kegiatan kurikulum merdeka belajar di masing-masing satuan pendidikan berjalan dengan baik.

Mudah-mudahan kegiatan P5 dapat diterapkan di sekolah masing-masing dalam rangka melaksanakan kurikulum merdeka belajar.

“Demikian juga kami harapkan kepada dewan guru dan siswa agar dapat menjalankan sesuai tupoksinya masing-masing untuk menjalankan kurikulum merdeka belajar. Khusus lagi masalah pembelajaran dan model pembelajaran bagi siswa yang ada di sekolah masing-masing,” paparnya.

Ketika ditanya bagaimana peran MKKS terhadap guru yang ekonominya kurang, Rozali menuturkan, pihaknya sudah koordinasi dengan Ketua PGRI Sumsel dan PGRI Kota Palembang dalam rangka meningkatkan finansial guru agar pendapatan mereka meningkat.

“Kami juga berusaha setiap sekolah sebagai ketua MKKS SMA Negeri, saya menghimbau kepada kawan-kawan semua agar dapat menerima kawan-kawan yang baru 1 tahun honorer di sekolah dan itu pembiayaannya dibebankan kepada satuan pendidikan dengan menggunakan dana komite untuk di sekolahnya masing-masing.

BACA JUGA  56.358 Guru Akan Dapat Tunjangan Khusus

Karena untuk menggunakan dana BOS dan dana PSG tentu ada syarat yang harus dilaksanakan oleh guru tersebut. Oleh sebab itu kita sebagai kepala sekolah saya menganjurkan dan mengharapkan kepada rekan-rekan kepala sekolah SMA agar bisa membantu jika ada tenaga honorer yang baru masuk ke sekolah kita masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, sambung Rozali, harapannya dengan pemerintah, karena saat ini sesuai dengan programnya Presiden RI bahwa untuk P3K ini hanya guru-guru yang baru tamat, dulu ada program guru honor yang sudah dimasukkan di dalam database yang sudah honor beberapa tahun.

“Mudah-mudahan program itu dilanjutkan. Harapan kami juga kepada lulusan FKIP agar tetap semangat, siapa tahu ke depannya peraturan ini mengalami perubahan. Siapa tahu diangkat menjadi PNS 100%.

Walaupun saat ini PNS dengan P3K itu besaran gaji yang diterima tidak ada perbedaan. Hanya saja mereka P3K ini di ujung nanti mereka tidak dapat pensiun, P3K,”pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga Sekda Sumsel, usai melaksanakan upacara, menyerahkan penghargaan kepada penerima penghargaan pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024.

Adapun daftar penerima penghargaan di antaranya Perwakilan Pegawai Purnabakti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional, Perwakilan Guru Berprestasi Tingkat Internasional, Perwakilan Guru Berprestasi Tingkat Nasional, Perwakilan Siswa-Siswi Berprestasi Tingkat Internasional, dan Perwakilan Siswa -Siswi Berprestasi Tingkat Nasional.

 

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button