SUMSEL

Herman Deru Ungkap PR Sumsel ke Depan Berupaya Wujudkan Juara 1 Provinsi Penghasil Pangan

#Hadiri HUT Ke 77 Provinsi Sumsel#

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Rapat paripurna istimewa DPRD dengan agenda peringatan hari jadi Provinsi Sumsel ke 77 dibuka Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati, SH, MH.

Turut hadir Gubernur Sumsel H Herman Deru, Wakil Gubernur, H Mawardi Yahya dan seluruh kepala daerah bupati dan walikota se Sumsel.

Hadir juga Gubernur Provinsi Sumsel periode 2003 2008, H Syahrial Usman dan juga mantan Wakil Gubernur, H Ishak Mekki, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn diwakili R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir.

Kemudian juga hadir Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani Mpdi dan Menteri Dalam Negeri diwakili Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Drs. Agus Patoni

Inspektur Wilayah I Itjen Kemendagri Bachtiar Sinaga, Menteri Perhubungan Indonesia diwakili Kepala Dinas  Navigasi Marta, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Buyung Wiromo Samudro dan Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru.

Foto bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru (Foto : Yanti Rizky)

Berturut-turut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, anggota DPRD Sumsel, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat seluruh Sumsel,  Pangdam II Sriwijaya diwakili Irdam II Sriwijaya Brigadir Jenderal TNI Heru Setio Paripurnawan, M.D.A., M.S.S, Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Norman Saito, Kapolda Sumsel diwakili Wakapolda Brigjen Polisi M Zulkarnain dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Agoes Soenanto Prasetyo,S.H.,M.H.

HUT Sumsel jatuh pada tanggal 15 Mei.

Peringatan HUT Provinsi Sumsel kali ini mengusung tema ‘Bersinergi Mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua.’

Dimeriahkan dengan bazar UMKM yang menampilkan beberapa produk kuliner dan produk lainya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, pihaknya bersyukur karena Sumsel sudah bisa mencapai ke titik ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

BACA JUGA  Pemprov Sumsel Masih Tunggu Arahan

“Tapi ada hikmah lain yang harus kita gunakan untuk introspeksi, apa saja yang sudah kita lakukan, jika baik kita terus tingkatkan, jika kurang baik kita perbaiki.

Jika memang sudah tidak sesuai , misalnya sebuah program tentu harus segera kita koreksi,” ujarnya.

Selain itu, sambung Herman Deru, apa yang Sumsel laksanakan pada saat ini tentu harus dilaksanakan dan awasi dengan baik, baru kemudian merencanakan ke depan agar lebih baik lagi.

“Kalau untuk Tanjung Carat on progres, khan kita butuh administrasi yang kongkrit, misal masalah amdal itu berkaitan hajat hidup orang banyak maka analisasi dampak lingkungannya betul-betul akurat dan melibatkan semua komponen, tidak bisa begitu saja, kita ikuti tahapan,” ucapnya.

Pekerjaan rumah lain, lanjut Herman Deru, ingin Sumsel ini menjadi juara 1 penghasil pangan.

“Kita nyatanya dari 8 baru masuk peringkat 5 , itu salah satu ya. Artinya meskipun itu sebuah progres tapi masih kita harapkan minimal 3 besar,” katanya.

Suasana rapat paripurna (Foto : Yanti Rizky)

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT bahwa di tahun ini pihaknya bisa menggelar HUT Sumsel terlepas dari pandemi Covid-19 karena dua tahun terakhir harus dibatasi baik dengan tamu maupun komunikasi.

“Tahun ini kita bisa memeriahkan dengan beberapa agenda yang  melibatkan semua masyarakat karena di usia 77 ini bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan tahun kelima Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, dimana seluruh pembangunan sesuai dengan RPJMD Gubernur bisa terlaksanakan semua,” bebernya.

Kalaupun belum ada yang terlaksana, menurut politisi Partai Golkar ini,  itu menjadi PR kita semua bahwa semua ini untuk Provinsi Sumsel.

“Dengan adanya moto di tahun 2023 ini bahwa Sumatera Selatan Maju Selalu Terdepan, inilah terus kita agendakan,” ucapnya.

BACA JUGA  Jadi Syarat Mudik, Stok Vaksin Booster di Palembang Kurang  

Anita menuturkan, tantangan Sumsel ke depan menyelesaikan seluruh pembangunan di daerah ini agar bisa merata.

“Tujuannya agar Sumsel maju untuk semua,” tandasnya.

 

 

Reporter :   Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button