INFO HAJI 2024

Potret Mbah Karto, Calon Jamaah Haji Tertua dari Sumsel, Berusia 105 Tahun

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Karto Yitno Ahmad Sadiyo, calon jamaah haji asal Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, berusia 105 tahun.

Pria yang akrab disapa Mbah Karto ini tiba di Asrama Haji Palembang bersama sekitar 355 jamaah dari OKU Timur, Jumat (26/5/2023), pukul 08.30 WIB.

Usianya telah senja, namun Mbah Karto sangat semangat saat tiba di Asrama Haji Kota Palembang.

Dengan gagah tanpa bantuan kursi roda ataupun tongkat, Mbah Karto duduk dengan jamaah lainnya di barisan fast track khusus jamaah lanjut usia (lansia).

“Saya sendirian (tanpa pendamping dari keluarga),” katanya.

Mbah Karto mengaku sangat bahagia dan senang akhirnya bisa berangkat haji. Ia mensyukuri berkat sehat yang Allah berikan untuknya.

“Orang tua dulu memang usianya sampai 150 tahun, 200 tahun. Alhamdulillah masih sehat bisa berjalan dengan gagah,” katanya.

Sehari-harinya saat masih sehat, Mbah Karto suka bertani. Bahkan saat muda, bersama pemuda Indonesia lainnya berjuang melawan penjajah.

“Dulu, Mbah senjatanya pakai bambu runcing, ikut juga menjaga tahanan,” ceritanya.

Dengan usianya yang lebih dari 100 tahun ini, Mbah Karto bisa melakukan pola hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok.

“Enggak merokok, makan yang sehat, yang direbus dan tidak berminyak, sekarang sukanya makan makanan yang lembut-lembut,” tuturnya.

Salah satu tips sehat Mbah Karto di usianya yang telah senja tapi tetap sehat dan kuat berjalan, yaitu sebelum shalat tahajud di sepertiga malam, Mbah Karto mandi terlebih dulu agar badan segar.

Sama halnya dengan jamaah lainnya, Mbah Karto sudah cukup lama daftar haji, dan lantaran tahun lalu pandemi, Mbah Karto baru bisa berangkat haji 2023 ini.

BACA JUGA  RAD-KSB Sumsel Gelar Konsultasi Publik

“Tidak ada sakit, cuma batuk-batuk saja,” ujarnya.

Mbah Karto memiliki lima orang anak dengan beberapa cucu dan cicit.

Ia didaftarkan haji oleh anaknya, dan telah melunasi iuran haji saat pandemi Covid-19.

 

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button