INTERNASIONAL

Jika Arab Saudi Dihukum, MBS Ancam Akan Hancurkan Ekonomi AS

MAKLUMATNEWS.com, Arab Saudi — Ancaman MBS ini tidak main-main.

Sebab, ini sudah menyangkut harga diri dan menggangu kebijakan Arab Saudi.

Ancaman apa?

Putra Mahkota Arab Saudi , Mohammed bin Salman yang akrab disapa MBS ini secara pribadi mengancam akan merusak ekonomi Amerika Serikat (AS).

Dia memperingatkan tidak akan berurusan lagi dengan pemerintah AS jika Biden menghukum Arab Saudi.

“Dia juga menjanjikan konsekuensi ekonomi utama bagi Washington,” lapor Washington Post yang dikutip dari Russia Today, Jumat (9/6/2023).

Ancaman itu terkandung dalam dokumen rahasia yang bocor di server Discord, tetapi tidak jelas apakah pernyataan itu merupakan bagian dari komunikasi yang disadap atau pesan yang dikirim secara pribadi ke AS.

 

Konsekuensi

Sebelumnya Presiden Joe Biden memperingatkan Monarki di Teluk Arab itu tentang “konsekuensi” karena menyetujui pengurangan produksi minyak dengan Rusia.

Peringatan Joe Biden ini berasal dari laporan media yang berbasis di AS, Washington Post, mengutip materi yang bocor.

Dilaporkan, pemerintahan Biden mengatakan akan mengevaluasi kembali hubungan dengan kerajaan Teluk itu menyusul keputusan Riyadh untuk memangkas produksi minyak mentah yang bertentangan dengan keinginan AS.

Biden memperjelas ketidakpuasannya dengan Riyadh pada Oktober lalu setelah kelompok produsen minyak utama, OPEC+, termasuk Rusia setuju untuk memangkas produksi sebesar dua juta barel per hari.

Washington bekerja untuk menghukum Moskow dengan sanksi atas perdagangan minyaknya terkait konflik di Ukraina.

“Akan ada beberapa konsekuensi atas apa yang telah mereka lakukan dengan Rusia,” kata presiden AS dalam sebuah wawancara dengan CNN pada saat itu, tanpa merinci kemungkinan tindakan apa pun.

Putra Mahkota Saudi berusia 37 tahun, yang bertanggung jawab atas urusan sehari-hari kerajaan sebagai pengganti ayahnya, Raja Salman, dilaporkan mengolok-olok Biden secara pribadi, mengolok-olok kesalahan dan penyimpangan mentalnya.

BACA JUGA  Berita Foto : Promosi Wisata Bali

Presiden AS Joe Biden itu pun menuai kritik yang menuduhnya mengalah pada tekanan Arab Saudi.

 

Sumber : Sindonews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button