OKU SELATAN

Jelang FDR Ke-XXIII Tahun 2023, Ritual Adat di Gelar

MAKLUMATNEWS.com,OKUS – Berbagai persiapan terus di lakukan Pemkab OKU Selatan untuk menyemarakkan Festival Danau Ranau (FDR) tahun 2023, kegiatan persiapan tersebut tak hanya berupa rapat koordinasi hingga persiapan berbagai fasilitas penunjang saja.

Seperti halnya pada minggu(11/6/23), Pemerintah Kabupaten OKUS melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama Para Pemangku Adat Ranau Raya menggelar Ritual Adat dalam rangka Pelaksanaan Festival Danau Ranau (FDR) Ke XXIII Tahun 2023.

Ritual adat tersebut sering di sebut masyarakat dengan sebutan ritual Nangguh, kegiatan berlangsung di Pantai Pelangi Desa Padang Ratu Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT).

“Ritual Adat/Nangguh itu sendiri merupakan kegiatan yang sarat akan nilai budaya yang bertujuan untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT agar Pelaksanaan rangkaian kegiatan FDR Ke XXIII Tahun 2023 berjalan lancar, sukses dan dijauhkan dari bala bencana,” kata Kadin Parbud OKUS Jos Akherman S STP M Si, Senin (12/6/2023).

Terkait pelaksanaan ritual adat ini Ia menceritakan, bahwa ritual adat digelar salah satunya bertujuan untuk membantu tata kelola kegiatan kebudayaan yang berkelanjutan, berjejaring dan berkembang serta memperkuat ekosistem kebudayaan khususnya di Ranau Raya yang kental akan adat istiadat.

“Ritual khusus yang unik ini memang selayaknya terus dilestarikan sebagai bagian dari sisi keunikan wisata budaya di Kabupaten OKU Selatan, dan semoga masih tetap dilestarikan keberadaan adat ini sehingga semakin menambah kaya sajian wisata di Kabupaten OKU Selatan dalam upaya peningkatan kunjungan wisata khususnya di Danau Ranau,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Wilayah Ranau sangat erat memegang erat tradisi adat “Nangguh” sebagai tradisi kirim do’a untuk para Puyang Tetuah Adat di Ranau Raya di antaranya :
1. Puyang Umpu Sejadi Helau
2. Puyang Umpu Batin Tuha.
3.Puyang Kyai Gunung Ngukha.
4. Puyang Umpu Batin Ratu.
5. Puyang Khaja Mangkhis.
6. Puyang Seranjang, dan
7. Puyang Sakti.

Turut hadir dalam kesempatan ini Camat Banding Agung, Camat Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Camat Warkuk Ranau Selatan, Ketua Pemangku adat se Ranau Raya dan Koordinator Adat Ranau.

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button