NGAJI ONLINEUncategorized

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A’raf Ayat 22   Setan adalah Musuh Nyata bagi Manusia

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-A’raf Ayat 22 berbunyi :

{ فَدَلَّىٰهُمَا بِغُرُورࣲۚ فَلَمَّا ذَاقَا ٱلشَّجَرَةَ بَدَتۡ لَهُمَا سَوۡءَ ٰ⁠ تُهُمَا وَطَفِقَا یَخۡصِفَانِ عَلَیۡهِمَا مِن وَرَقِ ٱلۡجَنَّةِۖ وَنَادَىٰهُمَا رَبُّهُمَاۤ أَلَمۡ أَنۡهَكُمَا عَن تِلۡكُمَا ٱلشَّجَرَةِ وَأَقُل لَّكُمَاۤ إِنَّ ٱلشَّیۡطَـٰنَ لَكُمَا عَدُوࣱّ مُّبِینࣱ }

Artinya :

dia (setan) membujuk mereka dengan tipu daya. Ketika mereka mencicipi (buah) pohon itu, tampaklah oleh mereka auratnya, maka mulailah mereka menutupinya dengan daun-daun surga. Tuhan menyeru mereka, “Bukankah Aku telah melarang kamu dari pohon itu dan Aku telah mengatakan bahwa sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?”

Pada ayat ini Allah menjelaskan bahwa Iblis menggoda dengan tipu daya sehingga keduanya tertipu dan turunlah derajat mereka dari derajat yang sangat tinggi menjadi hamba yang melakukan kemaksiatan kepada Tuhannya.

Manakala keduanya mencicipi dari buah yang telah dilarang oleh Allah tersebut, maka tersingkaplah aurat-aurat mereka lalu kemudian mereka menutupi aurat-auratnya tersebut dengan daun-daun dalam surga.
Lalu Tuhan berseru kepada mereka “Bukankah aku terlarang kalian untuk mendekati pohon tersebut dan aku telah serukan kepada kalian bahwa sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kalian.*?

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 104  Dakwah Nabi Musa kepada Firaun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button