INFO HAJI 2024

Raja Salman Undang 1.000 Muslim Palestina Berhaji

MAKLUMATNEWS.comJelang puncak haji 1444 H, Raja Saudi Arabia Salman resmi mengundang 1000 orang muslim Palestina untuk menunaikan ibadah haji secara gratis. Diperintahkan juga agar petugas haji Arab Saudi segera menampung para penziarah asal Palestina tersebut.

Layanan yang dijalankan untuk menjamu kerabat warga Palestina  yang terluka, terbunuh dan dipenjara adalah bagian dari Program Penjaga Tamu Haji Dua Masjid Suci. Hal ini dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan.

“Keberlanjutan sikap dermawan Saudi terhadap jamaah Palestina yang melakukan haji setiap tahun atas biaya Penjaga Dua Masjid Suci, merupakan penegasan kedalaman hubungan dan penghargaan atas pengorbanan besar yang dilakukan oleh orang-orang Palestina,” kata Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Saudi, Sheikh Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al Sheikh, dikutip di The National News, Senin, 12 Juni 2023.

Dilaporkan pula tercatat lebih dari 43.000 jamaah asal Palestina telah mendapat manfaat dari skema tersebut, sejak diperkenalkan 22 tahun lalu. Ibadah haji tahun ini, yang diharapkan dapat menarik minat Muslim dari seluruh dunia, diperkirakan dimulai pada 26 Juni.

Pada Jumat, 9 Juni 2023 lalu, sebuah penerbangan dari Kerala, India barat daya, tiba membawa jamaah dan kru wanita. Dilaporkan semakin banyak wanita Muslim yang berpartisipasi dalam haji tanpa wali laki-laki, di bawah insentif baru dari pemerintah Saudi.

Lebih dari 2,6 juta Muslim diperkirakan akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Jumlah jamaah telah kembali ke tingkat pra-pandemi, setelah Kerajaan mencabut pembatasan Covid-19. (*)

Editor : Aspani Yasland

 

BACA JUGA  Ini yang Baru pada Haji 2024, Jemaah Haji Harus Pakai Smart Card, Terutama Saat Armuzna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button