FLASH NEWS

Ini Kata Pertamina Soal 28 Rusa yang Mati Gegara Anjing Liar, Cek Penyebabnya!

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Ada 28 ekor rusa yang berada di kandang penangkaran Pertamina Refinery Unit III Plaju, Palembang, mati mendadak.

Dugaan sementara adalah karena diserang anjing liar, hal itu dikatakan juga Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Ujang Wisnu Barata.

Ia mengatakan, adanya peristiwa yang membuat puluhan satwa di kandang tersebut mati, namun lebih lanjut atas dugaan itu sedang dipastikan.

“Dugaannya serangan anjing liar, tapi akan dilakukan nekropsi untuk memastikan penyebabnya apa,” tuturnya.

Berdasarkan data BKSDA terdapat sekitar 68 ekor rusa totol yang ada di kandang penangkaran tersebut. Rusa jenis ini tidak termasuk satwa yang dilindungi.

Pihaknya juga mengimbau agar pihak Pertamina lebih memperhatikan faktor safety kandangnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR RU 3 Palembang, Siti Rahmi Indah Sari membenarkan adanya sejumlah rusa yang mati tersebut.

Ia mengatakan, rusa memiliki sifat yang mudah stres dan ancaman terhadap populasi rusa bisa disebabkan juga oleh hewan predator seperti anjing liar.

“Dugaan sementara kematian rusa tersebut karena gangguan dari anjing liar yang masuk ke area umbaran,” jelasnya.

 

Reporter : Reno

BACA JUGA  Berita Foto : Bola Api Naga di Atas Sungai Mekong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button