KULINER

Kue Garuda Indonesia Semarakkan Kemerdekaan RI ke-78, Cek Harga dan Cara Membuatnya 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, toko kue Bake House menyediakan kue Garuda Indonesia.

Kue Garuda Indonesia dibuat dengan visual lambang burung Garuda yang membutuhkan konsentrasi dan waktu dua hari.

Kue Garuda Indonesia dengan perpaduan bendera Indonesia, merah dan putih, dibuat dari bahan-bahan pilihan, seperti butter, keju dan juga cokelat.

Kue berukuran 40×60 cm dibuat dengan alas pondan warna merah dan putih yang berarti bendera kebangsaan Tanah Air.

Kemudian kue coklat dengan lapisan bendera itu tampil kuat dengan simbol burung Garuda sebagai aksen Pancasila sebagai lambang Bhineka Tunggal Ika.

“Badan burung Garuda ini di dalamnya ada cokelat dengan sketsa detail sayap ada 17, ekornya 8 dan leher 45 yang melambangkan kemerdekaan Indonesia,” kata Owner Bake House Palembang, Pipit Permatasari, Minggu (13/8/2023).

Sama seperti membuat kue ulang tahun biasa, bahan kue kreasi kemerdekaan juga dari adonan tepung terigu, maizena, butter, telur dan pelengkap lain.

Namun yang spesial dari Kue Garuda Indonesia adalah waktu dan proses pembuatan. Kue Garuda Indonesia dibuat selama dua hari dua malam.

“Tingkat kesulitan aku sketsa burung Garuda dibikin detail sama, tingkat konsentrasi bulunya harus dibuat satu-satu homemade dengan tangan,” katanya.

Warna dari tampilan Kue Garuda Indonesia pun dari bahan alami. Bahkan warna keemasan yang dipoles pada lambang burung garuda menggunakan pewarna makanan yang dipesan langsung dari Dubai.

Selain karena warna yang mencolok, bahan pewarna pun tidak memakai pengawet.

“Yang paling penting dalam membuat kue kostum itu skill, kemampuan bagaimana caranya bikin kue terlihat nyata dengan detail atau corak sama seperti aslinya,” katanya.

BACA JUGA  Kuliner Khas Ramadan, 6 Menu Berbuka Puasa Inceran 'Wong Kito'

Bake House Palembang memang sering menerima pesanan kue kostum untuk ulang tahun, momen penting maupun permintaan perusahaan.

Bentuk kue kostum mulai dari karakter anak-anak, kartun, berbagai rupa benda hingga kue foto printing orang dengan variasi harga sesuai waktu pembuatan, ukuran dan jenis bahan.

“Kalau kue Garuda Indonesia tema kemerdekaan ini dijual Rp1,5 juta. Tapi kue kostum lain harganya variasi, mulai dari Rp 70 ribu sampai jutaan tergantung request,” katanya.

Pemesanan kue kostum bisa secara online melalui instagram @bakehouse_plm dan @bakehouse_custom ataupun offline dengan datang langsung ke outlet di Jalan Hang Tuah.

 

             Kue Garuda Indonesia. (Foto : Iyapitria)

 

Bahan dan cara pembuatan kue Garuda Indonesia:

Bahan:

Pewarna merah

Butter

Telur

Susu bubuk

Tepung maizena dan Terigu

Gula halus

Pengembang

 

Caranya:

1. Campur telur dan gula bubuk jadi satu lalu mixer sampai mengembang sekitar 7-10 menit

2. Setelah mengembang dengan sempurna masukkan butter yang sudah dilelehkan, aduk merata

3. Masukkan pewarna makanan warna merah. Aduk rata Lalu masukkan ke loyang 60×40

4. Panggang selama 25 menit dengan api 180 derajat atas bawah

5. Setelah matang, angkat dan diamkan hingga dingin, lalu feeling pakai cream cheese dan cokelat agar kokoh

6. Hias kue menggunakan icing pondan yang terbuat dari gula berbentuk Garuda.

 

 

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button