KULINER

Wow !! Siomay Ranking 1 dan Pempek Peringkat 5 dari 20 Makanan Terenak di Dunia

MAKLUMATNEWS.com —  Street food alias jajanan kaki lima adalah salah satu jenis makanan yang paling digandrungi oleh banyak orang. Biasanya, jajanan selalu menjadi pilihan untuk mengganjal rasa lapar atau menemani aktivitas sehari-hari.

Setiap negara di dunia hampir dipastikan memiliki jajanan khas masing-masing. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki cerita sejarah di balik pembuatannya. Selain itu, setiap makanan juga memiliki cita rasa yang unik dan mudah melekat dalam ingatan penikmatnya.

Taste Atlas baru saja merilis daftar “100 Best Street Foods in the World” pada 15 April 2024 lalu. Dalam daftar tersebut, Taste Atlas memberi peringkat terhadap masing-masing jajanan khas berbagai negara dan mengurutkannya sebagai yang terbaik di dunia.

Siomay khas Indonesia resmi dinobatkan sebagai jajanan terenak alias nomor satu di dunia. Makanan yang umumnya berbahan dasar ayam atau ikan ini bahkan berhasil mengalahkan Kuotie khas China dan Tacos khas Meksiko yang cukup mendunia.

Diketahui, Siomay adalah salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia yang disajikan dengan bumbu kacang. Sebagai pelengkap, Siomay sering dihidangkan bersama telur, kentang, tahu, hingga pare.

Dalam deskripsinya, Taste Atlas menyebutkan bahwa Siomay berasal dari bahasa China, Shumai dan diyakini berasal dari para imigran Tionghoa yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Tidak hanya Siomay, Pempek khas Palembang juga berhasil masuk ke dalam daftar lima besar jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas. Makanan yang menduduki posisi keempat ini berbahan dasar ikan tenggiri dan disajikan dengan cuko.

Menurut Taste Atlas, kehadiran pempek berawal dari warga Palembang pada zaman dahulu yang sudah bosan dengan sajian ikan goreng atau bakar biasa. Bermula dari rasa bosan itulah muncul inovasi baru yang menggiling daging ikan dan dicampur dengan tepung tapioka.

BACA JUGA  Menu Berbuka Puasa (12) : Donat Keju

“Seiring berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dipuji dan kini dianggap sebagai makanan tradisional khas Indonesia,” tulis Taste Atlas, dikutip Selasa, 23 April 2024 yang juga dikutip MAKLUMATNEWS.com dari CNBC Indonesia.com.

Selain makanan khas Indonesia, daftar 20 besar jajanan terenak di dunia ini juga didominasi oleh khas Meksiko yang terdiri atas berbagai jenis Tacos.(*)

Berikut daftar lengkap 20 jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas.

  1. Siomay (Indonesia)
  2. Pastel de nata (Portugal)
  3. Kuotie (China)
  4. Pempek (Indonesia)
  5. Tacos (Meksiko)
  6. Carnitas (Meksiko)
  7. Banh mi (Vietnam)
  8. Pierogi (Polandia)
  9. Carne asada tacos (Meksiko)
  10. Gringas (Meksiko)
  11. Tacos al pastor (Meksiko)
  12. Esquites (Meksiko)
  13. Cochinita pibil (Meksiko)
  14. Roti Canai (Malaysia)
  15. Shengjian mantou (China)
  16. Batagor (Indonesia)
  17. Antojitos (Meksiko)
  18. Tacos gobernador (Meksiko)
  19. Amritsari kulcha (India)
  20. Garantita (Algeria) (*)

Editor : Aspani Yasland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button