PALEMBANG

Kapal Telok Abang, Tradisi Khas Palembang, Hanya Ada Saat 17 Agustus

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kota Palembang, akan ditemukan tradisi unik bernama Kapal Telok Abang.

Tradisi turun-temurun ini hanya bisa ditemukan di Kota Palembang menjelang dan saat hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus.

Mainan kapal-kapalan dengan disematkannya Telok Abang (Telur Merah) di atas kapal, sudah ada sejak dahulu memberikan warna tersendiri pada peringatan kemerdekaan negeri ini.

Kapal Telok Abang merupakan bentuk kerajinan berbahan baku akar kayu gabus yang dibuat oleh masyarakat asli Palembang.

Kawasan yang terkenal menjual Telok Abang ini ada di kawasan Jalan Merdeka atau dekat Kantor Walikota Palembang, karena para pengrajin juga tinggal di Kelurahan 26 Ilir, dekat dengan Jalan Merdeka.

 

                  Telok abang. (Foto : Iyapitria)

 

Salah seorang penjual Kapal Telok Abang, Kiagus M Rasyid mengatakan, Telok Abang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan secara turun-temurun keluarganya pun merupakan pengrajin dan penjual Telok Abang.

“Sudah ada sejak Palembang sebelum semaju ini. Ya memang merupakan ciri khas, sejak dulu pun dijual saat peringatan 17-an saja,” katanya.

Rasyid meneruskan usaha orang tuanya untuk membuat sendiri dan menjual Kapal Telok Abang.

Selain dirinya, banyak yang lainnya juga sebagai pengrajin di Lr Ali Basyir, Jalan Cek Abdul Somad juga kawasan Mereka.

Mereka menjual Kapal Telok Abang berkisar Rp 30 ribu – Rp 50 ribu. Selain itu juga ada Telok Pindang dan Telok Ukan masing-masing Rp 5.000.

Pedagang lainnya, Tia mengatakan, Kapal Telok Abang mulai dijual sejak awal Agustus yang lalu dan setidaknya sampai seminggu ke depan usai 17-an.

“Sekarang perhari laku 20-25 buah Kapal Telok Abang, pembelinya tidak hanya orang Palembang, tapi dari daerah lain yang kebetulan lewat,” katanya.

BACA JUGA  Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Hias di Sungai Musi akan Meriahkan HUT RI ke-78

 

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button