PALEMBANG

Petani Tak Perlu Khawatir, Stok Pupuk Urea Subsidi di Pusri Palembang Capai 160 Ribu Ton

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Petani di seluruh wilayah distribusi PT Pusri Palembang diminta tidak perlu khawatir atas ketersediaan pupuk subsidi, ketersediaan di gudang hingga kios penjual tercukupi.

Ketersediaan itu aman sesuai dengan ketentuan minimum yang ditetapkan pemerintah, hal itu dikatakan VP Humas Pusri Palembang, Rustam Effendi.

Saat ini stok untuk seluruh wilayah distribusi mencapai 160.617,23 ton untuk urea bersubsidi atau secara persentase yaitu 264 persen di atas ketentuan.

Sementara untuk NPK yang saat ini mencapai 20.185,5 ton atau 190 persen di atas ketentuan dan pihaknya memastikan stok aman sesuai ketentuan Permentan Nomor 10 Tahun 2022 tanggal 06 Juli 2022.

Rustam menjelaskan bahwa pupuk akan disalurkan kepada petani yang terdaftar dalam e-Alokasi dan tidak bisa mendistribusikan barang ke distributor dan kios tanpa adanya SK itu.

Untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pupuk bersubsidi, pemerintah telah melakukan pembaharuan kebijakan dengan menetapkan Permentan No. 10 Tahun 202.

“Pada ketentuan itu, ditetapkan 9 komoditas yang mendapat pupuk bersubsidi yaitu, padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kakao dan kopi,” katanya.

Ketersedian pupuk juga aman di sejumlah wilayah termasuk di Bengkulu, saat ini mencapai 1.398,10 ton atau setara dengan 133 persen dari ketentuan minimum menjelang musim tanam.

 

 

Reporter : Reno

BACA JUGA  Cukup untuk 3 Pekan ke Depan, Pusri Siapkan 24.432 Ton Pupuk Subsidi di Wilayah Sumsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button