NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A’raf Ayat 87   Allah Pemutus Sengketa Antara yang Beriman dan yang Kafir

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-A’raf Ayat 87 berbunyi :

{ وَإِن كَانَ طَاۤىِٕفَةࣱ مِّنكُمۡ ءَامَنُوا۟ بِٱلَّذِیۤ أُرۡسِلۡتُ بِهِۦ وَطَاۤىِٕفَةࣱ لَّمۡ یُؤۡمِنُوا۟ فَٱصۡبِرُوا۟ حَتَّىٰ یَحۡكُمَ ٱللَّهُ بَیۡنَنَاۚ وَهُوَ خَیۡرُ ٱلۡحَـٰكِمِینَ }

Artinya :

Jika ada segolongan diantara kamu yang beriman kepada (ajaran) yang aku diutus menyampaikannya, dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, maka bersabarlah sampai Allah menetapkan keputusan diantara kita. Dialah Hakim yang terbaik.

Pada ayat ini Allah menjelaskan pernyataan Nabi Syu’aib bahwa jikalaulah ada sekelompok dari kaum Madyan yang beriman terhadap risalah yang aku bawa dari Allah, dan sekelompok lainnya tidak beriman mengingkari dan memutuskannya, maka nantikalah ketetapan Allah berupa azab yang akan menimpa yang memutus sengketa antara kita.

Perselisihan antara mereka yang beriman kepada risalah yang dibawa oleh Nabi Syu’aib dan mereka yang mengingkari risalah tersebut telah mencapai titik yang tidak bisa dipertemukan, karenanya ketentuan Allah-lah yang memutus sengketa di antara mereka dan ketentuan Allah itu berupa turunnya azab kepada mereka yang mengingkari dan kafir terhadap risalah Allah yang dibawa oleh Nabi Syu’aib tersebut.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani tentangs Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A'raf Ayat 36  Mereka yang Mendustakan Ayat Allah dan Sombong Terhadapnya akan Menjadi Penghuni Neraka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button