PENDIDIKAN

Ratusan Mahasiswa Stisipol Candradimuka Palembang Resmi Diwisuda

Ini Pesan Gubernur Sumsel H Herman Deru

MAKLUMATNEWS.com, Palembang, –Bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (19/9/2023), sebanyak 597 mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Candradimuka Palembang resmi diwisuda.

 

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru yang hadir dalam acara ini mengungkapkan apresiasinya kepada Stisipol Candradimuka Palembang yang telah banyak melahirkan alumni-alumni terbaik yang turut andil dalam mengisi semua sektor disiplin ilmu sehingga memberi manfaat bagi kemajuan Sumsel.

Dengan demikian Herman Deru pun berpesan kepada semua ratusan mahasiswa dan mahasiswi yang di wisuda hari ini agar dapat mengikuti jejak kakak tingkat pendahulunya yang sudah banyak berkiprah dan memberi warna bagi kemajuan Sumsel.

” Perlu diingat bahwa, Ijazah yang kalian peroleh itu sama seperti Surat Izin Mengemudi (SIM). Ibarat secarik kertas yang berguna, apabila sang sopir mengerti betul makna yang tersirat di dalamnya adalah mengandung sikap tahu diri dan sadar diri, ” ucapnya.

Ia menambahkan, jika SIM yang dimaksud adalah karakter, perjuangan, dan sekaligus modal dalam menahkodai perahu kehidupan. Oleh karena itu, sebagai seorang sopir yang baik pastilah mengerti tata tertib berkendara. Dia mesti paham, jika melanggar aturan maka konsekuensinya apa.

” Jadi sangat penting membangun karakter itu. Sehingga, jika nanti saudara-saudara menjadi pegawai, ASN, Wirausaha bahkan pejabat publik sekalipun, Insya Allah modal tahu diri dan sadar diri yang telah terpupuk tersebut akan menjadi perisai pelindung diri untuk tidak melanggar norma dan aturan, ” urainya.

Senada dengan itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 2 Prof Dr Iskhaq Iskandar, M.Sc mengatakan bahwa ilmu yang ditimbah selama berada diperguruan tinggi baru bisa dibilang sukses apabila saudara-saudara bermanfaat bagi orang lain

BACA JUGA  Dewan Berharap Setiap Ada Event Nasional dan Internasional Mahasiswa Poltekpar Dilibatkan

” Sebenarnya sekolah yang sesungguhnya itu baru akan dimulai ketika anda dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjana. Disini anda akan diminta untuk bertanggung jawab dengan disiplin ilmu yang anda dapatkan selama duduk dibangku kuliah.Oleh sebab itu, berendah hati lah, jangan sesekali menonjolkan gelar akademisi anda hanya untuk merendahkan orang lain, ” katanya.

Dengan demikian sambungnya, sebagai sesorang yang memiliki gelar akademisi maka sudah sepatutnya memiliki sifat Ing Ngarso Sung Tulodo artinya menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan. Ing Madyo Mbangun Karso, artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat. Tut Wuri Handayani, sebagai seorang wisudawan maka anda juga harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.

” Perlu di ingat bahwa, pendidikan sejatinya adalah mengajarkan kita untuk hidup bersama, untuk saling menghargai, untuk saling membantu, untuk saling mencintai. Jadi jangan pernah merasa lebih tinggi dengan sederet gelar karena sesungguhnya pesan Ki Hajar Dewantara untuk pendidikan ialah setiap orang menjadi guru dan setiap rumah menjadi sekolah, ” ungkapnya dihadapan 597 wisudawan.

Sementara itu, Ketua Stisipol Candradimuka Palembang, Dr Lishapsari M.Si mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga atas rahmat dan karuniaNya. Sebab tanpa semua itu, sepertinya akan sulit bagi lembaga ini dapat bertahan selama hampir setengah abad.

” Syukur alhamdulillah, wisuda ke 44 Stisipol Candradimuka tahun 2022-2023 hari ini berjalan khidmat dan sukses, ” ujarnya.

Menurutnya, Stisipol Candradimuka sejauh ini sudah melahirkan lebih dari 12 ribu alumni yang tersebar di disiplin ilmu masing-masing.

” Ketahuilah, bahwa civitas Stisipol Candradimuka Palembang telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara. Terkhusus, dalam membangun daerah Sumatera Selatan ( Sumsel) dan Palembang yang kita cintai serta banggakan ini, ” ungkapnya.

BACA JUGA  Penuh Dengan Kreativitas Murid, SDIT Al Furqon Palembang Gelar Karya P5 Bertema Kearifan Lokal

Untuk diketahui bersama, Stisipol Candradimuka Palembang memiliki 4 Program Studi (Prodi) Strata 1 diantaranya  adalah Komunikasi, Adminitrasi Publik, Kesejehteraan Sosial (Kesos)  dan Ilmu Politik.  Untuk Strata 2, Stisipol Candradimuka memiliki 2 jurusan yakni Magister Adminitrasi Publik (MAP)  dan Magister Komunikasi.

Reporter : Jemmy Saputera

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button